KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) DALAM LAYANAN PERIZINAN USAHA PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT PROVINSI LAMPUNG

Alfajar, Rafiq (2023) KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) DALAM LAYANAN PERIZINAN USAHA PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT PROVINSI LAMPUNG. Other thesis, IPDN.

[img] Text
30.0459_M.Rafiq Alfajar Rolib_Jurnal.pdf

Download (520kB)

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The fast and efficient process of business licensing services from government agencies shows that their quality is optimal. Meanwhile, in Tulang Bawang Barat Regency, the level of company licensing services still needs to be improved, making residents disappointed and making potential investors reluctant to invest. Purpose: This research aims to describe the quality of online-based business licensing administration services, the factors that impede the quality of online licensing services, and the efforts made by the Investment and One-Stop Services Office of Tulang Bawang Barat Regency to overcome these inhibiting factors. Methods: This research uses a qualitative research descriptive method with an inductive approach. This research focuses on describing the quality of online-based business licensing administration services and the inhibiting factors found at the Investment Service and One-Stop Integrated Services Office in Tulang Bawang Barat Regency. And describe how the efforts made by the Investment and One-Stop Services Office of Tulang Bawang Barat Regency overcome these inhibiting factors. Result: The results of this study indicate that the quality of service at the Investment and One-Stop Service Office of West Tulang Bawang Regency is not optimal. That is because of the 5 dimensions, 2 of which are not optimal, namely Reliability and Assurance. Meanwhile, several factors hinder online licensing services, such as budget constraints, a lack of public knowledge regarding online services, low competency of employees regarding technology, and inadequate facilities and infrastructure. Meanwhile, to overcome the inhibiting factors, the West Tulang Bawang Regency DPMPTSP is trying to increase the budget, outreach to the community, conduct training, and arrange infrastructure facilities. Conclusion: With the discovery of these conditions, it was concluded that to obtain good service quality, the Investment and One-Stop Service Office of West Tulang Bawang Regency still needs improvement. Keywords: Service Quality, Business Licensing, Online Single Submission. ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Proses pelayanan perizinan usaha yang cepat dan efisien dari instansi pemerintahan menunjukkan bahwa kualitas yang dimiliki sudah optimal. Sementara di Kabupaten Tulang Bawang Barat tingkat pelayanan perizinan perusahaan masih belum maksimal, sehingga membuat warga kecewa dan membuat para calon investor enggan menanamkan modal. Tujuan: Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menggambarkan tentang kualitas pelayanan administrasi perizinan usaha berbasis online, faktor-faktor yang menghambat kualitas pelayanan perizinan online, dan upaya-upaya yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tulang Bawang Barat dalam mengatasi faktor penghambat tersebut. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif metode deskriptif dengan pendekatan induktif. Yang menjadi fokus penelitian ini yaitu mendeskripsikan kualitas pelayanan administrasi perizinan usaha berbasis online dan faktor penghambatnya yang ditemukan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tulang Bawang Barat. Dan mendeskripsikan bagaimana upaya yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tulang Bawang Barat dalam mengatasi faktor penghambat tersebut. Hasil/Temuan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tulang Bawang Barat belum optimal. Hal ini disebabkan karena dari 5 dimensi 2 diantaranya belum optimal yaitu Kehandalan (Reliability) dan Jaminan (Assurance). Sementara itu, terdapat beberapa faktor yang menjadi penghambat dalam pelayanan perizinan online seperti keterbatasan anggaran, kurangnya pengetahuan masyarakat terkait pelayanan online, rendahnya komptensi pengetahuan pegawai mengenai teknologi, dan sarana dan prasarana belum memadai. Sementara untuk mengatasi faktor penghambat, DPMPTSP Kabupaten Tulang Bawang Barat berupaya melakukan penambahan anggaran, sosialisasi kepada masyarakat, mengadakan pelatihan, serta penataan sarana prasarana. Kesimpulan: Dengan ditemukannya kondisi tersebut maka disimpulkan bahwa untuk memperoleh kualitas pelayanan yang baik, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tulang Bawang Barat masih membutuhkan upaya-upaya perbaikan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Perizinan Usaha, Online Single Submision.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 26 Jun 2023 04:02
Last Modified: 26 Jun 2023 04:02
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/12905

Actions (login required)

View Item View Item