implementasi kebijakan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Rembang Provinsi Jawa Tengah (Studi di Kecamatan Sulang)

Rosanti, Liza Diyah Ayu (2023) implementasi kebijakan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Rembang Provinsi Jawa Tengah (Studi di Kecamatan Sulang). Other thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img] Text
Jurnal-liza diyah-b4-16.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita yang diakibatkan kekurangan gizi kronis sejak dalam kandungan hingga 1.000 hari pertama kehidupan sehingga anak tumbuh terlalu pendek untuk usianya. Salah satu mewujudkan Kabupaten Rembang yang GEMILANG . Pemerintah terus membenahi serta meningkatkan program- program tentang pencegahan stunting di Kabupaten Rembang. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana atau apa saja upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Rembang khusus di Dinas Kesehatan tentang percepatan penurunan stunting untuk mewujudkan Kabupaten Rembang bebas stunting 2024, serta faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam proses pencegahan stunting ini. Metode: penulis dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kemudian penarikan kesimpulan. Hasil/ temuan: berdasarkan data yang penulis peroleh selama kegiatan penelitian, telah terjadi penurunan angka stunting yang signifikan selama 3 tahun terakhir yaitu pada tahun 2021-2023. Adanya program percepatan penurunan stunting ini memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya balita stunting. Kesimpulan : Berdasarkan analisis yang peneliti lakukan proses penanganan stunting di Kabupaten Rembang sejauh ini sudah berjalan dengan baik. Namum belum berjalan dengan maksimal disebabkan karena layanan yang diberikan kepada masyarakat masih kurang dan masyarakat kurang memiliki pengetahuan akan pentingnya gizi. Pemerintah diharapkan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memberikan sosialisasi tentang pentingnya gizi. Kata kunci : Pemerintah, Stunting, Dinas Kesehatan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Public Policy Studies
Depositing User: Kebijakan Pemerintahan FPP
Date Deposited: 24 May 2023 07:20
Last Modified: 24 May 2023 07:20
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/12674

Actions (login required)

View Item View Item