RAHMAN, SAFNI (2023) EFEKTIVITAS ANJUNGAN DUKCAPIL MANDIRI DALAM PENINGKATAN KEPEMILIKAN KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SLEMAN PEOVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, IPDN.
|
Text
SAFNI RAHMAN_30.0749_I-6_EFEKTIVITAS ANJUNGAN DUKCAPIL MANDIRI DALAM PENIENGKATAN KEPEMILIAKN KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SLEMAN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGY.pdf Download (278kB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The ownership of electronic identity cards (KTP-el) and birth certificates in Sleman Regency has reached almost 100%, indicating satisfactory issuance services for these documents. However, the issuance of Child Identity Cards (KIA) in Sleman Regency has only reached 70%, which is not optimal compared to KTP-el and birth certificates. To address this, the Sleman Regency Government has introduced Automated Document Management (ADM) machines to improve the quality and effectiveness of document issuance services. The ADM machines aim to provide convenience by allowing applicants to apply for documents online, eliminating the need to visit the office during specific working hours. This solution also helps during the COVID-19 pandemic, as it reduces crowds and direct interactions between applicants and officers. Purpose: The objective of this study is to determine the impact of ADM services on increasing KIA ownership. Method: This research is an empirical legal study with a descriptive and qualitative approach. Data collection techniques include interviews, observations, and document studies. The data analysis technique used is qualitative analysis. Result: The study found that the ADM services significantly assist in the application process for identity documents, especially for individuals who cannot visit the office due to time constraints. Online applications can be conveniently done anytime from home using a smartphone or computer. Once confirmed by the officer, applicants can print their documents using the ADM machines at their convenience. However, the number of online applications received on a daily basis averages around 12 applicants, which falls far short of the target of 100 applicants per day. Conclusion: The ADM services facilitate the application process for identity documents from initial submission to document printing, particularly for online applicants. However, since the implementation of ADM services in July 2019 until January 2023, KIA issuance through ADM machines contributed only 4% to the total KIA ownership in the second semester of 2022. This indicates that KIA issuance through ADM machines is not effective in increasing KIA ownership in Sleman Regency. Keywords: Effectiveness,Automated Dukcapil Machines, Child Identity Card ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): kepemilikan KTP-el di Kabupaten Sleman sudah mencapai 100%, Akta Kelahiran di Kabupaten Sleman juga hampir menyentuh 100% ini membuktikan pelayana penerbitan dokumen kependudukan tersebut sudah sangat memuaskan tetapi berbeda dengan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Sleman yan gbaru menyentuk angka 70 %, tentu angka tersebut belum maksimal jika dibandingkan dokumen seperti KTP-el dan Akta Kelahiran, Pemerintah Kabupaten Sleman berinovasi untuk mengadakan mesin ADM yang membawa semangat mendekatkan layanan dan mempermudah layanan, serta diharpakan dengan adanya mesin ADM bisa memperbaiki kualitas layanan dan mengefektivkan pelayana dokumen kependudukan karena dengan adanya mesin ADM pelayana tidak harus datang ke kantor dan tidak terikat jam masuk kantor, dan itu menjadi solusi dari pelayana dokumen kependuduakn selama pandemi covid-19 karena pemohon tidak berkerumun dan tidak bertatapan langsung oleh petugas. Tujuan: tujuan dari penelitian ini adalah untuk mngetahui seberapa berpengaruh pelayanan ADM terhadap peningkatan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA). Metode: Penelitian ini adalah penelitain hukum empiris yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan setudi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisi kulaitatif. Hasil/Temuan: temuan yang diperoleh oelah penulis dalam penelitain ini adalah dengan adanya pelayanan ADM sangan membantu dalam permohonan dokumen kependudukan terkususnya untuk masyarakat yang tidak mempunyai waktu untuk datang kekantor karena permohon bisa melakukan permohonan melalui online yang bisa dilakukan kapan saja dirumah melalui smartphone atau computer, dan setalah dikonfirmasi oleh petugas pemohon bisa melakuakn pencetakan melalui ADM yang bisa dilakukan kapan saja. Tetapi pemohon yang malakukan permohona melalui online rata-rata setiap harinya berkisar 12 pemohon saja, ini jauh dari target yang harus mencapai 100 pemohon setiap harinya. Kesimpuan: dengan adanya pelayana ADM mempermudah masyarakat dalam proses permohonan dokumen kependudukan dari awal permohonan samapi pencetakan dokuemn keendudukan dengan catatan pemohon melaukan permohonan melalui online. Memeng dengan adanya mesin ADM pelayana penerbitan KIA tidak hanya terpusat di Disdukcapil saja tetapi sejak awal pelayanan ADM pada Juli 2019 samapi Januari 2023 pelayanan penerbitan KIA melalui mesin ADM hanya menyumbang 4 % saja dari keseluruhan kepemiliakn KIA pada tahun 2022 semester II, itu membuktikan bahwa pelayanan KIA melalui mesin ADM tidak efektiv dalam peningkatan kepemiliakna KIA di Kabupaten Sleman. Kata Kunci: Efektivitas, Anjungan Dukcapil Mandiri, Kartu Identitas Anak
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Goverment Management > Demography and Civil Registration Studies |
Depositing User: | Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM |
Date Deposited: | 24 May 2023 02:46 |
Last Modified: | 24 May 2023 02:46 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/12594 |
Actions (login required)
View Item |