KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DINAS PERDAGANGAN KOPERASI USAHA KECIL DAN MENENGAH DALAM PENINGKATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN MAGELANG PROVINSI JAWA TENGAH

AKBAR, ADAM ARIJAL (2023) KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DINAS PERDAGANGAN KOPERASI USAHA KECIL DAN MENENGAH DALAM PENINGKATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN MAGELANG PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
ADAM ARIJAL AKBAR_RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problems/Background (GAP): The background to writing this thesis is related to the number of SMEs fostered by the Magelang Regency Cooperative and UKM Trade Office, which is only less than 2% of the total number of existing SMEs. Purpose: Compiled to identify and analyze the performance of the State Civil Apparatus of the Magelang Regency Cooperative and UKM Trade Office in increasing MSMEs in Magelang Regency, to find out and analyze the supporting and inhibiting factors of the performance of the State Civil Apparatus of the Magelang Regency Cooperative and UKM Trade Service in increasing MSMEs in Magelang Regency, as well as to find out and analyze the efforts made in overcoming the inhibiting factors for the performance of the State Civil Apparatus of the Magelang Regency Cooperative and UKM Trade Service in increasing MSMEs in Magelang Regency. In this study, researchers used the performance theory put forward by Kasmir (2016: 208-210) which consisted of 6 (six) indicators, namely quality, quantity, time, supervision, cost suppression, and relations between employees. Method: The research method used is a qualitative descriptive research method with an inductive approach. Data collection techniques used are interviews, observation and documentation. The informants interviewed were the Head of the Cooperative and UKM Trade Service, Head of the General Affairs and Personnel Subdivision, Head of the MSME Sector, MSME Sector Subcoordinator, ASN Staff of the Cooperative and UKM Trade Office, and Magelang Regency MSME Owners. Results/Findings: shows that the performance of the ASN of the Magelang Regency Cooperative and UKM Trade Office in increasing MSMEs based on the performance indicators of the existing apparatus is quite good in terms of quantity indicators, time indicators, monitoring indicators, cost suppression indicators, and relations between employees. However, the quality indicators are still not optimal. Conclusion: The performance of the ASN of the Magelang Regency Cooperative and UKM Trade Service in increasing MSMEs in Magelang Regency, Central Java Province based on the performance indicators of existing apparatus is quite good but needs to be improved on quality indicators. There are obstacles to ASN performance, namely the lack of quality that ASN has, and budget constraints that hinder program activities in fostering and empowering MSMEs. Efforts made by the Magelang Regency Cooperative and UKM Trade Service are: (1) Improving the quality of ASN through sharing between employees to deepen the capabilities and skills possessed by ASN, and (2) establishing cooperation with various existing partners to overcome budget constraints. Keywords: State Civil Apparatus, Performance, Micro, Small and Medium ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Hal yang melatarbelakangi penulisan skripsi ini adalah terkait jumlah UMKM yang dibina oleh Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang hanya sebesar kurang dari 2% saja dari keseluruhan jumlah UMKM yang ada.. Tujuan: Disusun guna mengetahui dan menganalisis kinerja Aparatur Sipil Negara Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang dalam peningkatan UMKM di Kabupaten Magelang, untuk mengetahui dan menganalisis faktor penghambat kinerja kinerja Aparatur Sipil Negara Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang dalam peningkatan UMKM di Kabupaten Magelang, serta untuk mengetahui dan menganalisis upaya yang dilakukan dalam mengatasi faktor penghambat kinerja kinerja Aparatur Sipil Negara Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang dalam peningkatan UMKM di Kabupaten Magelang. Didalam peneliti ini peneliti menggunakan teori kinerja yang di kemukakan oleh Kasmir (2016:208-210) yang terdiri dari 6 (enam) indikator yaitu kualitas, kuantitas, waktu, pengawasan, penekanan biaya, dan hubungan antar karyawan. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan yang di wawancarai adalah Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Kepala Bidang UMKM, Subkoordinator Bidang UMKM, Staff ASN Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, dan Pelaku Pemilik UMKM Kabupaten Magelang. Hasil/Temuan: menunjukan bahwa kinerja ASN Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang dalam meningkatan UMKM berdasarkan indikator kinerja aparatur yang ada sudah cukup baik dalam indikator kuantitas, indikator waktu, indikator pengawasan, indikator penekanan biaya, dan indikator hubungan antar karyawa. Namun, pada indikotor kualitas dirasa masih belum maksimal. Kesimpulan: Kinerja ASN Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang dalam meningkatan UMKM di Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah berdasarkan indikator kinerja aparatur yang ada sudah cukup baik namun perlu ditingkatkan pada indikator kualitas. Terdapat hambatan pada kinerja ASN yaitu kurangnya kualitas yang dimiliki ASN, dan keterbatasan anggaran sehingga menghambat program kegiatan dalam pembinaan dan pemberdayaan UMKM. Upaya yang dilakukan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang adalah: (1) Meningkatkan kualitas ASN melalui sharing antar pegawai guna memperdalam kemampuan dan keterampilan.yang dimiliki ASN, dan (2) menjalin kerjasama dengan berbagai mitra yang ada guna mengatasi keterbatasan anggaran. Kata kunci : Aparatur Sipil Negara, Kinerja, Usaha Mikro kecil dan Menengah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Public Sector Human Resource Management
Depositing User: Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik FMP
Date Deposited: 22 May 2023 02:23
Last Modified: 22 May 2023 02:23
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/12394

Actions (login required)

View Item View Item