IMPLEMENTASI PENSERTIFIKATAN TANAH SEBAGAI UPAYA PENGAMANAN ADMINISTRASI ASET DAERAH DI KABUPATEN MOJOKERTO PROVINSI JAWA TIMUR

NANDA, ADHELIA IMPLEMENTASI PENSERTIFIKATAN TANAH SEBAGAI UPAYA PENGAMANAN ADMINISTRASI ASET DAERAH DI KABUPATEN MOJOKERTO PROVINSI JAWA TIMUR. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
REPOSITORY ADHELIA.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Aset tanah adalah aset yang paling menantang untuk dikelola karena tanah milik pemerintah terdiri dari berbagai bentuk dengan berbagai status penggunaan, sehingga banyak minat terhadap tanah milik pemerintah. Salah satu upaya pengamanan aset daerah adalah melalui pensertifikatan Barang Milik Negara (BMN) berupa tanah. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang implementasi pensertifikatan tanah sebagai upaya pengamanan administrasi aset daerah di Kabupaten Mojokerto Provinsi Jawa Timur. Metode: Metode yang digunakan yaitu Kualitatif Deskriptif melalui pendekatan induktif untuk menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta di lapangan. Hasil/Temuan: Terdapat permasalahan dalam pelaksanaan pensertifikatan tanah aset daerah terkait koordinasi dan komunikasi. Kesimpulan: Dalam implementasi pensertifikatan tanah sebagai upaya pengamanan administrasi aset daerah di Kabupaten Mojokerto Provinsi Jawa Timur sudah terlaksana dengan baik hanya kurang dalam indikator kejelasan informasi. Adapun saran yang diberikan peneliti adalah meningkatkan sosialisasi yang lebih luas lagi kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mojokerto khususnya Pemerintah Desa yang berkaitan langsung dengan pelaksanaan pensertifikatan tanah aset daerah dengan harapan agar Pemerintah Desa lebih mengerti dan mau kooperatif mendukung kepada kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan pensertifikatan tanah aset daerah.

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 25 May 2023 03:30
Last Modified: 25 May 2023 03:30
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/12355

Actions (login required)

View Item View Item