EVALUASI PELAYANAN PUBLIK DALAM PENGURUSAN E-KTP PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BOGOR PROVINSI JAWA BARAT

CHOLIFINANDO, RENO (2022) EVALUASI PELAYANAN PUBLIK DALAM PENGURUSAN E-KTP PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BOGOR PROVINSI JAWA BARAT. Diploma thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
RENO CHOLIFINANDO_NPP.29.0691_EVALUASI PELAYANAN PUBLIK DALAM PENGURUSAN E-KTP.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan (GAP): penulis berfokus pada permasalahan wilayah Kabupaten Bogor merupakan kabupaten dengan wilayah terluas di Provinsi Jawa Barat dan juga menjadi salah satu kabupaten 2 dengan jumlah penduduk terbanyak di Provinsi Jawa Barat, hal ini menyebabkan Kabupaten Bogor masih memiliki permasalahan dan hambatan seperti masih banyak terdapat daerah-daerah yang jauh dari pusat pemerintahan sehingga kurang mendapatkan perhatian yang menyebabkan proses distribusi dokumen ke beberapa daerah yang relatif jauh tidak seefektif dan secepat daerah yang dekat dengan pusat pemerintahan. Selain itu diantara semua penduduk Kabupaten Bogor yang sangat banyak masih ada penduduk yang masih kurang memiliki kesadaran dalam melaksanakan ketertiban administrasi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja permasalahan baik dari DIsdukcapil Kabupaten Bogor maupun masalah yang dihadapi oleh masyarakat serta upaya apa yang dilakukan oleh Disdukcapil Kabupaten Bogor dalam mengatasi permasalahan tersebut. Metode Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan pendekatan induktif. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data diperoleh melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Hasil penelitian ini adalah pelayanan pengurusan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sudah berjalan cukup baik hanya saja pelaksanaannya kurang maksimal. Faktor penghambatnya meliputi luas wilayah Kabupaten Bogor yang sangat luas serta kurangnya pengetahuan masyarakat akan informasi terkait pelayanan E-KTP. Disdukcapil Kabupaten Bogor telah melakukan upaya berupa meningktakan sosialisa terkait informasi pelayanan E-KTP dan juga peningkatan giat program kerja yang telah ditetapkan. Dengan peningkatan tersebut diharapkan dapat memaksimalkan pelayan E-KTP untuk masyarakat. Kesimpulan: Pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor masih kurang efektif dikarenakan masih terdapat beberapa permasalahan seperti tidak adanya kepastian waktu pembuatan E-KTP, hal ini dikarenakan adanya berbagai macam kendala yang dialami dalam mengirimkan data kepada kantor pusat seperti kendala sinyal dan lain-lain. Kata Kunci: Pelayanan Publik; Pengurusan E-KTP

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 01 Aug 2022 05:59
Last Modified: 01 Aug 2022 05:59
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11947

Actions (login required)

View Item View Item