IMPLEMENTASI E GOVERNMENT MELALUI APLIKASI LAYANAN TUNGGU DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEKANBARU

fatahilah, okctari (2022) IMPLEMENTASI E GOVERNMENT MELALUI APLIKASI LAYANAN TUNGGU DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEKANBARU. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
okctari fatahilah_IMPLEMENTASI E GOVERNMENT MELALUI APLIKASI LAYANAN TUNGGU DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEKANBARU.pdf

Download (840kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem/Background (GAP): Pekanbaru City which has the largest population in Riau Province has caused the Pekanbaru City Population and Civil Registration Office to make a breakthrough in the form of layanan tunggu application, namely a population administration service that can be accessed via computers or smartphones to facilitate the service process carried out and in queuing system to run properly. Purpose: The purpose of this research is to know how is thde implementation of TUNGGU application in Pekanbaru. Methods: The theory used in this research is implementation according to George Edward III. The research method in writing this final report uses a qualitative descriptive method with an inductive approach. The data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. The data analysis techniques used were data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Results: The results show that the implementation of the Layanan Tunggu Application has been considered successful in improving the quality of service for issuing identity card at the Department of Population and Civil Registration of Pekanbaru City. The obstacles faced in implementing the Sipenduduk Program are network problems and uneven socialization. Conclusion: The efforts made by the Department of Population and Civil Registration in overcoming this problem are expanding the network and providing continuous and comprehensive socialization to the community. Keywords: Implementation, e Government, Layanan Tunggu Application ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Kota Pekanbaru yang memiliki jumlah penduduk paling besar di Provinsi Riau ini menyebabkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru harus membuat suatu terobosan berupa aplikasi layanan tunggu yaitu suatu layanan adminisrasi kependudukan yang dapat diakses melalui komputer maupun smartphone untuk memudahkan dalam proses pelayanan yang dilakukan dan dalam sistem antrian agar dapat berjalan dengan baik. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implementasi e government melalui Aplikasi Layanan Tunggu dalam meningkatkan kualitas peIayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru. Metode: Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Implementasi menurut George Edward III. Metode penelitian dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi e government melalui aplikasi layanan tunggu sudah dinilai berhasil dalam meningkatkan kualitas pelayanan penerbitan kartu tanda penduduk di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru. Kesimpulan: Upaya yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam mengatasi masalah tersebut yaitu memperluas jaringan dan memberikan sosialisasi secara terus-menerus dan menyeluruh kepada masyarakat. Kata Kunci: Implementasi , e Government , Aplikasi Layanan Tunggu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 29 Jul 2022 08:14
Last Modified: 29 Jul 2022 08:14
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11913

Actions (login required)

View Item View Item