IMPLEMENTASI APLIKASI JENDELA PONTIANAK INTEGRASI (JEPIN) DALAM RANGKA PELAYANAN INFORMASI PUBLIK DI KOTA PONTIANAK IMPLEMENTATION OF JENDELA PONTIANAK INTEGRASI (JEPIN) FOR PUBLIC INFORMATION SERVICES IN THE CITY OF PONTIANAK

ZAEN, MUHAMMAD AZHAR (2022) IMPLEMENTASI APLIKASI JENDELA PONTIANAK INTEGRASI (JEPIN) DALAM RANGKA PELAYANAN INFORMASI PUBLIK DI KOTA PONTIANAK IMPLEMENTATION OF JENDELA PONTIANAK INTEGRASI (JEPIN) FOR PUBLIC INFORMATION SERVICES IN THE CITY OF PONTIANAK. Diploma thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD AZHAR ZAEN 29.1033 IMPLEMENTASI APLIKASI JENDELA PONTIANAK INTEGRASI (JEPIN) DALAM RANGKA PELAYANAN INFORMASI PUBLIK DI KOTA PONTIANAK G6.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Problem Statement/Background (GAP): Technological developments affect the implementation of governance, especially in the field of public information services, this must be supported by adequate resources and use of technology. The President issued Presidential Instruction No. 3 of 2003 as a guideline for the Management and development of E-Government. Based on this, the Pontianak City Government carried out a program to implement the JEPIN Application as an innovation in public information services. Purpose: The purpose of this study is to identify and describe the implementation of the Jepin application in the context of providing and providing information services to the people of Pontianak City. Methods: This study used a qualitative design, descriptive method with an inductive approach. Data collection techniques were carried out by interview, observation, and documentation. The data analysis technique uses a data reduction model, data presentation, and conclusion drawing. Barriers or obstacles as well as efforts to overcome obstacles to the implementation of the JEPIN Application in the context of public information services for the people of Pontianak City were examined by researchers using the Policy Implementation theory from Charles O. Jones. Results: The results show that the implementation of the JEPIN application for public information services to the public in Pontianak City is going well, although there are still obstacles in three dimensions, namely organization, interpretation, and application. Conclusion: The Pontianak City Communication and Information Office has made efforts to overcome these obstacles by mapping based on the competence of civil servants and routinely conducting socialization to the public with content that is always updated. Keywords: Implementation, JEPIN Application, Information Services Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Perkembangan teknologi mempengaruhi Penyelenggaraan tata pemerintahan terutama pada bidang pelayanan informasi publik hal tersebut harus di dukung dengan sumber daya dan penggunaan teknologi yang memadai. Presiden mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 sebagai pedoman untuk Pengelolaan dan pengembangan E-Government. Berdasarkan hal tersebut, Pemerintah Kota Pontianak melakukan program pelaksanaan Aplikasi JEPIN sebagai inovasi pelayanan informasi publik. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi aplikasi Jepin dalam rangka penyediaan dan pelayanan informasi kepada masyarakat Kota Pontianak. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kualitatif, metode deskriptif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hambatan atau kendala serta upaya mengatasi hambatan pelaksanaan implementasi Aplikasi JEPIN dalam rangka pelayanan informasi publik bagi masyrakat Kota Pontianak diteliti oleh peneliti menggunakan teori Implementasi Kebijakan dari Charles O. Jones. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan Implementasi Aplikasi JEPIN untuk pelayanan informasi publik kepada masyarakat di Kota Pontianak berjalan dengan baik walaupun masih terdapat hambatan pada tiga dimensi yaitu organisasi, interpretasi, dan penerapan. Kesimpulan:Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak telah melakukan upaya mengatasi hambatan tersebut dengan melakukan pemetaan berdasarkan kompetensi PNS serta rutin melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan konten yang selalu di perbaharui. Kata Kunci: Implementasi, Aplikasi JEPIN, Pelayanan Informasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Institutions > Pusat Teknologi, Informasi dan Komputer
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:46
Last Modified: 27 Jul 2022 07:46
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11855

Actions (login required)

View Item View Item