KOMUNIKASI POLITIK PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH (Studi Kasus Kemenangan Pasangan AA Umbara dan Hengky Kurniawan dalam Pilkada Serentak Tahun 2018 di Kabupaten Bandung Barat)

Putra, Dimas Rendy Fiarentino Herinda, Dimas (2022) KOMUNIKASI POLITIK PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH (Studi Kasus Kemenangan Pasangan AA Umbara dan Hengky Kurniawan dalam Pilkada Serentak Tahun 2018 di Kabupaten Bandung Barat). Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
DIMAS RENDY_29.0643_KOMUNIKASI POLITIK PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH fixxx.pdf

Download (346kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Hal yang menarik dari Pilkada Serentak Tahun 2018 yang diselenggarakan di Kabupaten Bandung Barat adalah adanya seorang selebritis diantara salah satu dari tiga pasangan calon yang ikut berkompetisi dalam ajang pilkada di Kabupaten Bandung Barat untuk memperebutkan posisi sebagai bupati dan wakil bupati. Pasangan calon yang dimaksud adalah pasangan nomor urut 3 yaitu AA Umbara-Hengki Kurniawan. Seorang selebritis pada pasangan ini adalah Hengki Kurniawan. Dalam Pilkada Tahun 2018 ini bukan pertama kalinya bagi Hengky Kurniawan mengikuti pemilu melainkan sudah 5 kali gagal dalam pilkada. Terjunnya para artis dalam kancah perpolitikan baik di tingkat nasional maupun daerah menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat, karena terdapat perbedaan yang jelas antara dunia keartisan dengan dunia politik. Masyarakat menilai bahwa dunia keartisan dan dunia perpolitikan sangatIah jauh berbeda. Hal tersebut menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat akan kapasitas pengetahuan para artis dalam hal berpolitik. Hal ini menjadi penilaian tersendiri bagi masyarakat, apakah artis pantas berada di dunia poIitik atau tidak. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi politik yang dibangun serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan komunikasi politik. Metode: Dalam melaksanakan penelitian diperlukan sebuah pendekatan atau metode yang dapat digunakan untuk mempermudah selama proses pelaksanaan penelitian agar tujuan dalam melaksanakan penelitian dapat tercapai. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. . Pada penelitian ini menggunakan menggunakan teori komunikasi politik dari Hafied Cangara dimana terdapat lima dimensi. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Bandung Barat terdapat beberapa bentuk komunikasi politik yang dibangun oleh pasangan calon untuk memenangan pilkada di daerah tersebut serta ditemukan juga faktor faktor yang mendukung dan menghambat dalam proses membangun komunikasi politik. Kesimpulan: Bentuk-bentuk komunikasi yang di lakukan oleh pasangan aa umbara dan hengki kurniawan pada pilkada di Kabupaten Bandung Barat, melakukan komunikasi massa, komunikasi organisasi, dan komunikasi interpersonal. Kata kunci: Komunikasi Politik, Selebritis, Pemilihan Kepala Daerah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Applied Indonesian Politics
Depositing User: Politik Indonesia Terapan
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:11
Last Modified: 27 Jul 2022 04:11
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11842

Actions (login required)

View Item View Item