PELAKSANAAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI ONLINE DISDUKCAPIL DI KOTA PADANG PROVINSI SUMATERA BARAT

SEPTIADI, YADHI TRI (2022) PELAKSANAAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI ONLINE DISDUKCAPIL DI KOTA PADANG PROVINSI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
YADHI TRI SEPTIADI.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Permasalahan (GAP): penulis berfokus pada permasalahan pelayanan akta kematian untuk pasien covid-19 berbeda dengan pengurusan akta kematian biasa. Pengantrian data kematian berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Batang terdapat 509 kematian yang diakibatkan oleh covid-19 namun permintaan entry data diangka 230. Dari data 230 tersebut hanya 137 data yang bisa dientry. 2 Terdapat 93 data yang tidak bisa bisa dientry. Hal tersebut dikarenakan adanya data yang tidak ada NIK. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis, mendeskripsikan hambatan, serta menjelaskan upaya untuk mengatasi hambatan yang ada. Metode: Pada penelitian kali ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan induktif, serta pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, trianggulasi serta analisis data menggunakan teknik reduksi data. Hasil/Temuan: Pada kenyataannya, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui aplikasi online Disdukcapil dan banyak juga ditemui masyarakat yang datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang untuk mengurus dokumen kependudukan, serta adanya gangguan pada jaringan maupun aplikasi yang belum sempurna. Sehingga untuk penyempurnaannya diperlukan regulasi terkait permohonan pembuatan dokumen kependudukan pada aplikasi online, perlunya sosialisasi terhadap aplikasi online agar masyarakat mengetahui secara menyeluruh, dan diperlukan evaluasi secara berkala terhdap operator dan front office kecamatan agar pelayanan dapat diberikan dengan maksimal. Kesimpulan: Pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan melalui aplikasi online Disdukcapil Kota Padang belum berjalan maksimal, hal ini dapat kita lihat dari sosialisasi yang belum merata sehingga masyarakat memilih untuk tetap datang ke kantor untuk mengurus dokumen kependudukan karena belum tau adanya aplikasi, belum tau mengopersionalkan aplikasi. Pernyataan tersebut membuat masyarakat cenderung untuk mendatangi kantor karena dengan mendatangi kantor untuk mengurus dokumen kependudukan masyarakat jadi lebih leluasa untuk bertanya jika terdapat kendala selain itu dengan datang ke kantor mereka merasa keluh kesah mereka jadi bisa didengar. Kata Kunci : Pelaksanaan, Aplikasi online Disdukcapil, Administrasi Kependudukan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 27 Jul 2022 06:25
Last Modified: 27 Jul 2022 06:25
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11834

Actions (login required)

View Item View Item