PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA MELALUI SISTEM NOKEN DI DISTRIK MULIA KABUPATEN PUNCAK JAYA PROVINSI PAPUA (STUDI KASUS PADA KAMPUNG MULIGAMBUT)

ESTEPANUS, PAPUA WENS TOM DEDAIDA (2022) PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA MELALUI SISTEM NOKEN DI DISTRIK MULIA KABUPATEN PUNCAK JAYA PROVINSI PAPUA (STUDI KASUS PADA KAMPUNG MULIGAMBUT). Diploma thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
estepanus repositorii.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh jumlah partisipasi politik masyarakat di dalam pemilihan Kepala Desa melalui sebuat sistem pemili yang disebut sistem noken di Kabupaten Puncak Jaya Provinsi Papua. Pemilihan Kepala Desa mengunakan sistem noken dikatakan belum optimal, karena pemilihan mengunakan sistem noken ini, partisipasi masyarakat sangatlah kurang dan ada beberapa orang mencoblos kertas suara yang jumlahnya jauh lebih banyak dari jumlah pemilih yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis rendahnya partisipasi politik masyarakat dan juga faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi politik masyarakat dalam Pemilihan Kepala Desa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan induktif, serta menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah bentuk partisipasi politik menurut Samuel P. Huntington dan Joan Nelson. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan penulis, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi partisipasi politik masyarakat dalam Pilkades melalui sistem noken di Kabupaten Puncak Jaya Provinsi Papua, yaitu 1) Faktor pandemi, dimana masyarakat masih merasa takut dengan adanya pandemi yang sedang berada di masyarakat , 2) Faktor ekonomi, pekerjaan yang memaksa masyarakat tidak hadir dalam pelaksanaan Pilkades,3) faktor sosialisasi dimana masih kurangnya inovasi dalam sosialisasi dan 4) Faktor Cuaca, dimana sedikit banyaknya cuaca hujan pada saat hari pemilihan membuat banyak warga yang tidak datang. Penulis menyarankan hendaknya pemerintah mengubah pola pikir dan menambah kepercayaan masyarakat. Memaksimalkan pendidikan politik dan kesadaran akan pentingnya kegiatan Pilkades. Pemerintah juga disarankan untuk berinovasi dengan cara menambah program-program dalam melakukan sosialisasi Pilkades yang akan datang. Kata Kunci: Partisipasi Politik, Sistem Noken, dan Pemilihan Kepala Desa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Politik Indonesia Terapan
Date Deposited: 27 Jul 2022 06:05
Last Modified: 27 Jul 2022 06:05
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11825

Actions (login required)

View Item View Item