EFEKTIVITAS APLIKASI JAKARTA EVOLUTION DALAM PELAYANAN PERIZINAN OLEH DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI DKI JAKARTA

Safitri, Afifah Firda (2022) EFEKTIVITAS APLIKASI JAKARTA EVOLUTION DALAM PELAYANAN PERIZINAN OLEH DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI DKI JAKARTA. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKIRPSI AFIFAH FIRDA SAFITRI.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

Teknologi yang semakin canggih, mendorong Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta untuk menciptakan program pemerintahan yang maju dan dapat menyesuaikan perkembangan zaman. Dalam bidang perizinan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta mengembangkan Aplikasi Jakarta Evolution dalam rangka memberikan kemudahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas dari Aplikasi Jakarta Evolution di DKI Jakarta, faktor penghambat dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Peneliti menggunakan teori efektivitas Duncan dalam Steers yang memiliki indikator pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif untuk menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi Jakarta Evolution di Daerah Khusus Ibukota Jakarta sudah dipergunakan secara efektif. Faktor yang menghambat efektivitas berupa gangguan server dapat diatasi secara bertahap. Sementara itu, upaya yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta yaitu dengan melakukan sosialisasi terkait Aplikasi Jakarta Evolution dan melakukan kerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Adapun saran yang diberikan oleh peneliti adalah tetap mempertahankan apa yang telah baik dan terus mengembangkan pelayanan melalui Aplikasi Jakarta Evolution agar dapat digunakan secara maksimal tanpa kekurangan apapun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 26 Jul 2022 08:14
Last Modified: 26 Jul 2022 08:14
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11818

Actions (login required)

View Item View Item