KESIAPSIAGAAN KAMPUNG TANGGUH BENCANADALAMMENGHADAPI BENCANA BANJIR DAN TANAH LONGSORDI DISTRIK JAYAPURA UTARA KOTA JAYAPURA PROVINSI PAPUA

Maria Mabel, Naomi (2022) KESIAPSIAGAAN KAMPUNG TANGGUH BENCANADALAMMENGHADAPI BENCANA BANJIR DAN TANAH LONGSORDI DISTRIK JAYAPURA UTARA KOTA JAYAPURA PROVINSI PAPUA. Diploma thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
Naomi Maria Mabel.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Kota Jayapura merupakansalahsatu kota dengan indeks risiko bencana tinggi dalamkurun waktu2000hingga 2017 tercatat telah terjadi beberapa kali bencana banjir dantanahlongsor. Salah satu strategi yang dilakukan pemeritah dalammenguranggi risiko terjadinya bencana yang dilakukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan BencanaDaerah (BPBD) yaitu dengan meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dengan adanya pembentukan suatu kampung tanggap darurat bencana. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimanaKesiapsiagaan Kampung Tangguh Bencana Dalam Menghadapi BencanaBanjir Dan Tanah Longsor Di Distrik Jayapura Utara Kota JayapuraProvinsi Papua. Metode: Peneliti memakai metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan datayaituwawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperolehakandianalisah dengan tahapan-tahapan sehingga dapat menarik suatukesimpulan. Hasil/Temuan: Minimnya Informasi dan Teknologi besertaanggaran pelaksanaan, menjadi penghambat utama dalammengimplementasikan Kesiapsiagaan Bencana di Kota JayapuraKesimpulan: Hasil penelitian menunjukan bagaimana tingkat kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir dantanahlongsor di Distrik Jayapura Utara Kota Jayapura Provinsi Papua. Hambatan utama yang dihadapi berupa kurangnya pendanaanuntukmenjalankan program kampung tanggap darurat bencana, serta kurangyaantusias masyarakat umum dalam melihat pentingnya kesiapisagaansebelum terajadinya bencana. Upaya Pemerintah Kota Jayapurauntukmengatasi Kendla tersebut dengan mengadakan kegiatan sosialisasi danpelatihan di berbagai daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor, serta pembentukan tim relawan atau satgas untuk dapat membantusaat terjadinya bencana. Peneliti menyarankan agar Pemerintah daerahKotaJayapura dapat mengontrol kembali setiap kampung tanggap darurat bencana yang sudah dibentuk agar terus aktif dalammengantisipasi segala kemungkinan terjadinya bencana terutama bencana banjir dantanah longsor serta meningkatkan kembali kesiapsiagaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik FPM
Date Deposited: 26 Jul 2022 08:05
Last Modified: 26 Jul 2022 08:05
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11785

Actions (login required)

View Item View Item