EFEKTIVITAS PELAKSANAAN VAKSINASI DALAM RANGKA PENANGGULANGAN PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) DI KECAMATAN TOMBARIRI KABUPATEN MINAHASA PROVINSI SULAWESI UTARA

Ompi, Omega (2022) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN VAKSINASI DALAM RANGKA PENANGGULANGAN PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) DI KECAMATAN TOMBARIRI KABUPATEN MINAHASA PROVINSI SULAWESI UTARA. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
29.1040-Omega Margaretha Ompi.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang/(GAP): Corona Virus Disease 2019 atau lebih dikenal dengan COVID-19 adalah wabah penyakit menular Severe Acute Respiratory Syndrom Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang muncul pada tahun 2019 di negara China tepatnya di Wuhan. Pertama kali teridentifikasi pada manusia dan suda menyabar sampai ke negara–negara lain dan hal ini mendapatkan perhatian khusus oleh World Health Organization (WHO) untuk ditetapkan menjadi sebuah pandemi. Indonesia juga tidak lepas dari wabah Covid-19 ini, Tepatnya pada Maret 2020 Indonesia terinfeksi virus tersebut hal ini membuat pemerintah dengan sigap menanggapi dengan membuat Keputusan Presiden nomor 12 tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nasional Non-Alam, kemudian Presiden Joko Widodo menetapkan bahwa penyebaran COVID-19 sebagai bencana nasional. Dalam upaya pemutusan rantai penyebaran Covid-19 pemerintah membuat solusi dengan melaksanakan vaksinasi kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Kecamatan Tombariri. Dalam pelaksanaannya haruslah berjalan dengan efektif di kalangan masyarakat agar tujuan pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan Covid-19 bisa teratasi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa Efektif Pelaksanaan Vaksinasi yang berjalan di Kecamatan Tombariri. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Tombariri yang berjumlah 15.977 Jiwa. Dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dan formula Slovin, sampel penelitian ini berjumlah 100 responden. Analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, Pengujian Asumsi Dasar yaitu uji Normalitas, Pengujian Hipotesis yaitu uji T-test dan uji pihak kiri. Hasil/Temuan: Hasil menyatakan bahwa Efektivitas Pelaksanaan Vaksinasi di Kecamatan Tombariri sebesar 87% berdasarkan hipotesis yang di hitung. Saran untuk Pelaksanaan Vaksinasi tetap mempertahankan pelayanannya agar tetap efektif dan mencapai tujuan dari Pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Depositing User: Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik FPM
Date Deposited: 26 Jul 2022 06:46
Last Modified: 26 Jul 2022 06:46
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11783

Actions (login required)

View Item View Item