PERAN BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DALAM PENANGGULANGAN BENCANA BANJIRDI KABUPATEN TELUK BINTUNI PROVINSI PAPUA BARAT

Faradila Rahma Maruapey, Zihan (2020) PERAN BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DALAM PENANGGULANGAN BENCANA BANJIRDI KABUPATEN TELUK BINTUNI PROVINSI PAPUA BARAT. Diploma thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN FARAH.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Bencana alam merupakan bencana yang dapat merugikan manusia, salah satunya adalah banjir. Banjir yang datang dengan volume yang besar dapat berdampak buruk bagi masyarakat. Kabupaten Teluk Bintuni merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Papua Barat yang menjadi salah satu daerah yang rawan terjadinya bencana khususnya banjir. Banyaknya bencana alam yang terjadi di Kabupaten Teluk Bintuni sehingga pemerintah membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah sebagai tangan kanan dari pemerintah dalam hal penanggulangan bencana. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah dalam upaya penanggulangan Bencana Banjir di Kabupaten Teluk Bintuni. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi, observasi. Hasil/Temuan: Adanya beberapa hambatan dalam pelaksanaan tugasnya baik dari faktor eksternal maupun Interna. Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Badan Penanggulangan Bencana Daerah memiliki peran penting dalam upaya Penanggulangan Bencana Banjir di Kabupaten Teluk Bintuni dan telah menjalankan tugasnya dengan baik namun belum optimal. Dikarenakan Adanya beberapa hambatan dalam pelaksanaan tugasnya baik dari faktor eksternal maupun internal adapun upaya yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah dalam Penanggulangan Bencana Banjir di Kabupaten Teluk Bintuni adalah melakukan peningkatan kapasitas aparatur Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan penambahan peralatan dalam penanggulangan banjir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik FPM
Date Deposited: 26 Jul 2022 08:03
Last Modified: 26 Jul 2022 08:03
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11774

Actions (login required)

View Item View Item