IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA NOMOR 28 TAHUN 2020 TENTANG PENERAPAN DISIPLIN DAN PENEGAKAN HUKUM PROTOKOL KESEHATAN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN COVID-19 DI SATUAN TUGAS KOTA JAYAPURA PROVINSI P

Edoardo, Roberto Vincen Maniagasi (2022) IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA NOMOR 28 TAHUN 2020 TENTANG PENERAPAN DISIPLIN DAN PENEGAKAN HUKUM PROTOKOL KESEHATAN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN COVID-19 DI SATUAN TUGAS KOTA JAYAPURA PROVINSI P. Diploma thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
REPOSITORY_EDO.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penelitian ini dilatar belakangi oleh Implementasi Peraturan Walikota Nomor 28 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin Dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan Dan Pengendalian Covid-19 Di Satuan tugas Kota Jayapura Provinsi Papua yang terbilang belum efektif, karena kasus positif covid-19 harian naik lebih dari 650%, kasus kematian naik lebih dari 540%. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 dan juga faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat angka penyebaran di Kota Jayapura. Metode: Penelitian ini mengunakan pendekatan induktif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi dan wawancara. Teori yang digunakan adalah teori impelementasi menurut Van Meter dan Van Horn. Hasil/Temuan: Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan penulis, ada beberapa faktor yang mempengaruhi penerapan PERWALI No 28 Tahun 2020, yaitu 1) Faktor mata pencaharian, dimana masyarakat tidak menerapkan PERWALI No 28 Tahun 2020 disebabkan oleh faktor kebutuhan dan sumber penghasilan, 2) Faktor Sumber daya, Sumber daya yang tidak memadai dalam penerapan PERWALI, dan 3) Faktor Perlakuan Sanksi, dimana perlakuan sanksi bukan hanya memberikan pemasukan ke kas daerah namun harus memberikan efek jera kepada pelanggar. Kesimpulan dan Saran: Penulis menyarankan hendaknya pemerintah memberikan kompensasi berupa sembako kepada masyarakat kecil sehingga masyarakat dapat bertahan hidup di masa pandemik terutama para petani dan penjual di pasar. Mengevaluasi perlakuan sanksi sehingga dapat memberikan efek jera kepada para pelanggar. Kata Kunci: Peraturan Walikota, Penerapan disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Kebijakan Publik FPP
Date Deposited: 26 Jul 2022 08:02
Last Modified: 26 Jul 2022 08:02
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11762

Actions (login required)

View Item View Item