EFEKTIVITAS SISTEM PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK NASIONAL - LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (SP4N-LAPOR) DI KABUPATEN MANOKWARI PROVINSI PAPUA BARAT

robaha, piter patros (2022) EFEKTIVITAS SISTEM PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK NASIONAL - LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (SP4N-LAPOR) DI KABUPATEN MANOKWARI PROVINSI PAPUA BARAT. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
Piter Patros Robaha - 29. 1905 - IPDN revisi.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/ Latar Belakang (GAP): Pengembangan dari implementasi teknologi informasi di bidang pemerintahan digambarkan melalui konsep sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) yang tengah diterapkan di seluruh pemeritahan daerah di Indonesia. Salah satu pemerintah daerah yang turut menerapkan SPBE dalam pemerintahannya adalah Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat. Salah satu program yang merupakan hasil dari implementasi konsep SPBE di Kabupaten Manokwari adalah sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik – layanan aspirasi online rakyat (SP4N-LAPOR!) yang mulai diterapkan pada 2019. Tujuan: Untuk mengetahui efektifitas dari SP4N-LAPOR! yang dilaksanakan di Kabupaten Manokwari dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif yang diharapkan mampu meberikan pemahaman yang mendetail tentang SP4N-LAPOR! di Kabupaten Manokwari. Metode: Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara tidak terstruktur, serta studi dokumen/literasi. Hasil/ Temuan: Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa SP4N-LAPOR! belum dilaksanakan secara efektif. Faktor penyebab tertudnanya pelaksanaan dan pengelolaan SP4N-LAPOR! adalah Pandemi Covid-19 yang menyebabkan anggaran untuk pelaksanaan dan pengelolaan SP4N-LAPOR! di Kabupaten Manowkari di realokasikan untuk penanganan dan meminimalisir dampak buruk yang ditimbulkan oleh Covid-19. Kesimpulan: Pelaksanaan SP4N-LAPOR! di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat peneliti menemukan belum berjalan efektif. Kendati pelaksanaan SP4N-LAPOR! tertunda dikarenakan anggaran operasionalnya di realokasikan untuk penanganan Covid-19, penelitian ini menemukan beberapa temuan seperti telah terdapatnya standar operasional program (SOP) dan Tim admin yang dituntuk untuk SP4N-LAPOR! dan rencananya baru akan di mulai untuk dikelola lagi pada tahun anggaran 2022. Kata Kunci : Pengembangan, Teknologi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:47
Last Modified: 26 Jul 2022 07:47
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11754

Actions (login required)

View Item View Item