PERANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PROVINSI DKI JAKARTA DALAM PENERTIBAN DOKUMEN PENDUDUK PENDATANG

Bendri, Alvadrian Yoel (2022) PERANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PROVINSI DKI JAKARTA DALAM PENERTIBAN DOKUMEN PENDUDUK PENDATANG. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
Repository Alvadrian Yoel Bendri_29.0586_I2_Peranan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta Dalam Penertiban Dokumen Penduduk Pendatang.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peranan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta terhadap permasalahan penertiban dokumen penduduk pendatang dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta upaya yang dilakukan dalam menghadapi permasalahan mengenai Penertiban Dokumen Penduduk Pendatang di Provinsi DKI Jakarta. Analisis dari perspektif teoritis, peneliti menggunakan teori dari Soerjono Soekanto yaitu teori Peran dan dari perspektif normatif menggunakan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan yang peneliti wawancarai adalah Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Sekretasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk, Kepala Bidang Pencatatan Sipil, Kepala Seksi Mutasi Penduduk, dan beberapa penduduk pendatang yang mengurus dokumen kependudukan yang penulis wawancarai secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam penertiban dokumen penduduk pendatang ini sudah baik , namun masih ada faktor penghambat yang perlu diatasi yaitu mengenai kesadaran penduduk pendatang akan pentingnya mengurus dokumen kependudukan pendatang, dan kesadaran dari kepala lingkungan yang memantau secara langsung di wilayah terkecil. Adapun saran yang diberikan kepada peneliti yaitu meningkatkan melakukan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk dapat mengurus dokumen penduduk pendatang, melaksanakan sosialisasi dengan platform sosial media yang sering diakses oleh masyarakat, melakukan pengawasan dan pelatihan terhadap instansi dibawahnya serta peningkatan sarana khususnya sarana digital dalam menunjang pelayanan melalui aplikasi dalam proses penertiban dokumen penduduk pendatang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Demography and Civil Registration Studies
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 25 Jul 2022 04:28
Last Modified: 25 Jul 2022 04:28
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11663

Actions (login required)

View Item View Item