PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NELAYAN PENANGKAP IKAN SKALA KECIL OLEH DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN DI KABUPATEN BINTAN PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Marini, Keken Cahya Dwi (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NELAYAN PENANGKAP IKAN SKALA KECIL OLEH DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN DI KABUPATEN BINTAN PROVINSI KEPULAUAN RIAU. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
Ringkasan Skripsi Keken Cahya D.M C-4.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Kabupaten Bintan memiliki potensi sumber daya alam laut yang besar sehingga menjadi sektor utama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan. Sehingga pemerintah Kabupaten Bintan berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan khususnya nelayan penangkap ikan skala kecil. Namun, pada kenyataannya pemberdayaan yang dilaksanakan oleh pemerintah masih dikatakan belum maksimal karena masih banyak masyarakat nelayan yang belum berdaya dan tertinggal dakam hal perekonomian. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai bagaimana pemberdayaan masyarakat nelayan penangkap ikan skala kecil oleh Dinas Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau, faktor yang menjadi penghambat serta upaya yang dilakukan oleh Dinas Kelautan Dan Perikanan dalam pemberdayaan masyarakat nelayan penangkap ikan skala kecil. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun informan penelitian ini terdiri dari Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bintan, Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Kepala Seksi Kelembagaan dan Pengelolaan hasil Perikanan dan beberapa Nelayan Tangkap skala kecil di Kabupaten Bintan. Hasil Temuan: Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan dalam pemberdayaan bagi masyarakat nelayan dilakukan dengan program yang penulis teliti menggunakan teori mardikanto yaitu: Tahap Penyadaran, Tahap pengkapasitasan dan Tahap pendayaan. Namun dalam pelaksanaan program pemberdayaan ini masih terhambat oleh beberapa faktor yaitu faktor internal: SDM, sarana dan prasarana, modal, dan etos kerja dan faktor eksternal : kemajuan teknologi dan cuaca. Adapun upaya yag dilakukan oleh Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Bintan yaitu dengan pemaksimalan program-program pemberdayaan dan pemberian bantuan modal dan fasilitas yang memadai dan juga bisa dirasakan oleh semua nelayan. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan bahwa proses pemberdayaan nelayan tangkap skala kecil di Kabupaten Bintan oleh pemerintah daerah guna meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir belum secara efektif. Adapun faktor penyebabnya yaitu kurangnya program-program pemberdayaan yang dilakukan guna mendorong proses pemberdayaan yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat FPP
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:59
Last Modified: 26 Jul 2022 03:59
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11609

Actions (login required)

View Item View Item