PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN FISIK DESA DI DESA PADANG PETRON KECAMATAN KAUR SELATAN KABUPATEN KAUR PROVINSI BENGKULU

adzki, imam (2022) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN FISIK DESA DI DESA PADANG PETRON KECAMATAN KAUR SELATAN KABUPATEN KAUR PROVINSI BENGKULU. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
REPOSITORY_FIKS_IMAM ADZKI.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Desa Padang Petron Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu merupakan salah satu desa yang memiliiki permasalahan terkait pembangunan fisik desa. Berdasarkan laporan hasil inventarisasi aset Desa Padang Petron tahun 2020 telah dilakukan pembangunan fisik di Desa Padang Petron. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran tentang partisipasi masyarakat dalam pembangunan fisik di Desa Padang Petron dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Padang Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur. Metode: Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana partisipasi masyarakat dalam memberikan buah pikir, Partisipasi dalam tenaga, Partisipasi dalam harta benda, partisipasi dalam keterampilan yang diberikan, dan partisipasi sosial yang diberikan sebagai kedekatan hati atau gotong royong masyarakat Desa Padang Petron. Adapun yang menjadi penghmabat partisipasi masyarakat dalam pembangunan fisik di Desa Padang Petron adalah adanya Dana Desa, adanya dana desa membut masyarakat enggan untuk andil dalam pelaksanaan pembangunan fisik apabila tidak di bayar, selanjutnya adalah faktor pekerjaan masyarakat, masyarakat disibukan dengan pekerjaannya masing-masing sehingga sulit untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan fisik desa, dan yang terakhir adalah faktor sumber daya manusia, yaitu keterampilan yang dimiliki oleh masyarakat dalam menjalankan proyek pembangunan fisik desa yang masih seadanya. Kesimpulan dan Saran: Disarankan bagi pemerintah desa untuk mampu mendorong masyarakat agar ikut terlibat dalam proses pembangunan fisik desa melalui Dana Desa dengan melakukan koordinasi dan sosialisasi kepada masyarakat serta memberikan pelatihan untuk meningkatkan sumber daya manusia bagi masyarakat Desa Padang Petron. Kata Kunci: Partisipasi Masyarakat, Pembangunan Fisik, dan Dana Desa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Public Policy Studies
Depositing User: Kebijakan Publik FPP
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:31
Last Modified: 21 Jul 2022 07:31
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11579

Actions (login required)

View Item View Item