EFEKTIVITAS APLIKASI LAPOR DALAM PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI KOTA BENGKULU

ILHAM, MUHAMMAD NAUFAL (2022) EFEKTIVITAS APLIKASI LAPOR DALAM PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI KOTA BENGKULU. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD NAUFAL ILHAM_29.0503_EFEKTIVITAS APLIKASI LAPOR DALAM PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI KOTA BENGKULU.pdf

Download (668kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem Statement/Background (GAP): The author focuses on the Effectiveness of the LAPOR Application in Community Complaint Services in Bengkulu City, considering that many people still do not know the LAPOR Application service and there are still unfinished reports to be followed up, causing unfinished report arrears. Purpose : The purpose of this study was to determine the effectiveness of the LAPOR application in the service of public complaints in Bengkulu City. Method : The method used in this research is descriptive qualitative research method. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. Results/Findings: The results showed that the LAPOR application service as a public complaint service in Bengkulu City had not run optimally because in its implementation there were various inhibiting factors that caused this application service to not run effectively. Conclusion: Based on the results of the study, it can be seen that the LAPOR application service as a public complaint service in Bengkulu City has not run optimally because in its implementation there are various inhibiting factors that cause this application service not to run effectively. So it can be concluded that the LAPOR application in the public complaint service in Bengkulu City can be said to be ineffective. The efforts that can be made to overcome the existing problems are that the local government immediately prepares policies related to sanctions against government agencies that are late or incomplete in handling incoming complaints reports. In addition, it also gives awards to government agencies that follow up on reports and complete complaints quickly and on time. Keywords: Application, Effectiveness, LAPOR. ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada Efektivitas Aplikasi LAPOR Dalam Pelayanan Pengaduan Masyarakat di Kota Bengkulu, mengingat masyarakat masih banyak yang belum mengetahui layanan Aplikasi LAPOR serta masih terdapat laporan yang tidak selesai untuk ditindaklanjuti sehingga menyebabkan tunggakan laporan yang tidak selesai. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Aplikasi LAPOR dalam pelayanan pengaduan masyarakat di Kota Bengkulu. Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan Aplikasi LAPOR sebagai layanan pengaduan masyarakat di Kota Bengkulu belum berjalan secara optimal karena dalam pelaksanaannya terdapat berbagai faktor penghambat yang menyebabkan layanan aplikasi ini tidak berjalan dengan efektif. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa layanan Aplikasi LAPOR sebagai layanan pengaduan masyarakat di Kota Bengkulu belum berjalan secara optimal karena dalam pelaksanaannya terdapat berbagai faktor penghambat yang menyebabkan layanan aplikasi ini tidak berjalan dengan efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Aplikasi LAPOR dalam pelayanan pengaduan masyarakat di Kota Bengkulu dapat dikatakan tidak efektif. Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang ada yaitu pemerintah daerah segera menyusun kebijakan terkait sanksi terhadap instansi pemerintah yang terlambat maupun tidak tuntas dalam menangani laporan pengaduan yang masuk. Selain itu juga memberikan penghargaan kepada instansi pemerintah yang menindaklanjuti laporan dan menyelesaikan hingga tuntas pengaduan secara cepat dan tepat waktu. Kata Kunci: Aplikasi, Efektivitas, LAPOR.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Smart City Information Management
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:25
Last Modified: 20 Jul 2022 04:25
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11504

Actions (login required)

View Item View Item