PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEGAWAI DI BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH KOTA KUPANG PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Tamelan, Tomy (2022) PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEGAWAI DI BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH KOTA KUPANG PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI PRAJA (Tomy Tamelan_29.1337).pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

“PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEGAWAI DI BADAN KEPEGAWAIAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH KOTA KUPANG PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR” Dosen Pembimbing 1 : Dr. Dra. Wangsih, M.Pd Dosen Pembimbing 2 : Drs. Haryanto, M.Si Tomy Tamelan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengembangan kompetensi pegawai di Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Kupang, faktor penghambat, dan upaya yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Kupang dalam mengatasi hambatan pengembangan kompetensi pegawai. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini disusun menggunakan teori pengembangan menurut Hasibuan (2017:87-107) dengan dimensi pendidikan dan pelatihan, penilaian prestasi karyawan, mutasi karyawan, dan promosi pegawai. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemgembangan kompetensi pegawai di Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Kupang berdasarkan teori dari Hasibuan (2017:87-107) melalui pendidikan dan pelatihan, penilaian prestasi karyawan, mutasi karyawan, dan promosi pegawai belum terlalu efektif. Faktor penghambat pengembangan kompetensi pegawai di Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Kupang yaitu, kurangnya anggaran yang tersedia, kurangnya pemahaman pegawai terkait SOP, dan adanya pengaruh atau intervensi politik. Upaya yang sudah dilakukan yaitu pengusulan penambahan anggaran untuk pengembangan kompetensi pegawai dan mencari serta mengikuti beasiswa dari luar, wajib mengikuti diklat atau sosialisasi terkait SOP, dan menghindari pengaruh atau intervensi politik di daerah dengan melakukan setiap penilaian atau promosi pegawai secara objektif. Kata Kunci : Pengembangan, Kompetensi, Pegawai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Public Sector Human Resource Management
Faculty of Goverment Management > Study of Human Resources Management
Depositing User: Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik FMP
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:39
Last Modified: 19 Jul 2022 04:39
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11472

Actions (login required)

View Item View Item