PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH PADA MASA COVID-19 DI KECAMATAN BABUSSALAM KABUPATEN ACEH TENGGARA PROVINSI ACEH

nurman, hindarto hidayat (2022) PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH PADA MASA COVID-19 DI KECAMATAN BABUSSALAM KABUPATEN ACEH TENGGARA PROVINSI ACEH. Diploma thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI HINDARTO HIDAYAT NURMAN_29.0031_PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH PADA MASA COVID-19.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penurunan perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara pada masa covid-19. Penurunan pengembangan UMKM ini ditunjukkan dengan penurunan indeks pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Aceh Tenggara. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi dan mendapatkan deskripsi atau gambaran tentang pengembangan usaha mikro kecil dan menengah dan untuk dapat mengetahui apa saja faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pengembangan UMKM serta apa saja upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah di Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil/Temuan: menunjukan bahwa pengembangan UMKM di Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara didukung oleh pemerintah dengan menjadi fasilitator untuk menyalurkan suntikan Bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro dari pemerintah pusat yaitu Kementerian Koperasi dan UMKM, menyediakan sarana dan prasarana berupa tanah lapang dan baleho untuk pemasaran produk. Terdapat beberapa problematika yaitu akses sumber permodalan yang sulit dan berbelit, inovasi produk yang minim, pemasaran yang kurang optimal serta tenaga kerja yang kurang memadai. Kesimpulan: Faktor pendukung dalam pengembangan usaha mikro kecil dan menengah pada masa covid-19 di kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara antara lain: Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara melalui Dinas Koperasi UKM dan Transmigrasi telah menyediakan sarana dan prasarana berupa lapangan luas yang dan papan baleho yang dapat disewa dengan harga yang terjangkau oleh para pelaku UMKM dan Dinas Koperasi UKM dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Tenggara telah menjadi perpanjangan tangan Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah untuk menyalurkan suntikan dana Bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro pada masa covid-19 sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional. Kata kunci: Pengembangan, UMKM, Covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat FPP
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:53
Last Modified: 19 Jul 2022 03:53
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11467

Actions (login required)

View Item View Item