STRATEGI PENYAMPAIAN INFORMASI PUBLIK OLEH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DI KOTA PADANGSIDIMPUAN PROVINSI SUMATERA UTARA

HASIBUAN, IZZAT IBRAHIM (2022) STRATEGI PENYAMPAIAN INFORMASI PUBLIK OLEH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DI KOTA PADANGSIDIMPUAN PROVINSI SUMATERA UTARA. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
IZZAT IBRAHIM HASIBUAN_STRATEGI PENYAMPAIAN INFORMASI PUBLIK OLEH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DI KOTA PADANGSIDIMPUAN PROVINSI SUMATERA UTARA.pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem/Background (GAP): This research is entitled Strategy of Public Information Submission by the Department of Communication and Information in Padangsidimpuan City, North Sumatra Province. Purpose: The purpose of this research is to find the strategy of Diskominfo in delivering public information in Padangsidimpuan City and find the obstacles of Diskominfo in delivering public information in Padangsidimpuan City. Methods: The research method used in this study is a qualitative descriptive method with an inductive approach. Data collection techniques used in this study were observation. In this study, the researcher uses the theory of Triton's Strategy Theory from the dimensions of selection that are fundamental and critical to the problem, setting strategic goals and objectives, developing action plans, considering advantages, considering sustainability and developing empowerment plans. Results: This research answers the evaluation with the results of the identification that has been carried out, which has been carried out and is based on the ability of the Information and Communication Technology (Diskominfo) employees, in this case government employees. Then carry out surveys to villages to obtain strategies, namely the delivery of public information through social media, print media. and electronic media. The social media used are Facebook, Instagram, and YouTube. The print media used are newspapers. Then electronic media such as TV channels know what the problem is. Conclusion: To solve these problems, the Communications and Informatics Service must have and implement a strategy for delivering public information to the public so that the public can find out that information obtained from the Communications and Informatics Service can be conveyed to the public properly and transparently so that good governance can be realized. Keywords: Strategy, Public Information ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): penyampaian informasi publik yang ada di Kota Padangsidimpuan terhadap masyarakat, masih belum maksimal dalam menyampaikan informasi untuk dapat mewujudkan good governance sehingga akan menyebabkan kurangnya pengetahuan masyarakat akan mengetahui informasi yang ada serta media yang sudah ada tetapi belum berjalan dengan baik dalam penyampaian informasi. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk menemukan strategi Diskominfo dalam penyampaian informasi publik di Kota Padangsidimpuan serta menemukan kendala Diskominfo dalam penyampaian informasi publik di Kota Padangsidimpuan. Metode: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori Teori Strategi Triton dari dimensi seleksi yang mendasar dan kritis terhadap permasalahan, menetapkan tujuan dan sasaran strategis, menyusun perencanaan tindakan, mempertimbangkan keunggulan, mempertimbangan keberlanjutan dan menyusun perencanaan pemberdayaan. Hasil/Temuan: Penelitian ini menjawab evaluasi dengan hasil identifikasi yang dilakukan yakni sudah dilaksanakan dan berdasarkan kemampuan pegawai diskominfo yang dalam hal ini pegawai pemerintahan. Kemudian melakukan suvey ke desa-desa untuk diperoleh strategi yakni penyampaian informasi publik melalui media sosial, media cetak. dan media elektronik. Media sosial yang digunakan yaitu facebook, instagram, dan youtube. Media cetak yang digunakan yaitu surat kabar. Kemudian media elektronik seperti tv channel mengetahui masalah apa yang terjadi. Kesimpulan: Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut Dinas Komunikasi dan Informatika harus memiliki dan melakukan sebuah strategi untuk penyampaian informasi publik kepada masyarakat agar masyarakat dapat mengetahui informasi yang diperoleh dari Dinas Komunikasi dan Informatika dapat tersampaikan kepada masyarakat dengan baik dan transparan sehingga dapat mewujudkan good governance. Kata Kunci: Strategi, Informasi Publik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:12
Last Modified: 29 Jul 2022 07:12
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11462

Actions (login required)

View Item View Item