OPTIMALISASI PENGELOLAAN PENDAPATAN HASIL PENGELOLAAN KEKAYAAN DAERAH TERHADAP PENINGKATAN PAD KABUPATEN SAROLANGUN PROVINSI JAMBI

irfan, m.alifarandy (2022) OPTIMALISASI PENGELOLAAN PENDAPATAN HASIL PENGELOLAAN KEKAYAAN DAERAH TERHADAP PENINGKATAN PAD KABUPATEN SAROLANGUN PROVINSI JAMBI. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
29.0356_Alifarandy Irfan_Repository fix.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP) : Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sarolangun yang rendah menyebabkan pemerintah daerah Kabupaten Sarolangun menjalankan urusan pemerintahannya dengan bergantung pada dana transfer dari pemerintah pusat. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan, kendala dalam pengelolaan pendapatan hasil pengelolaan kekayaan daerah di Kabupaten Sarolangun serta upaya untuk mengoptimalkannya. Metode : Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan analisis yang bersifat deskriptif, sedangkan teknik pengambilan data yang digunakan yaitu melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil/Temuan : Temuan yang ditemu oleh penulis dalam penelitian ini bahwa dalam pengelolaan hasil pengelolaan kekayaan daerah di Kabupaten Sarolangun masih ditemukan kelemahan. Kesimpulan : Faktor penghambat dari pengelolaan kekayaan daerah di Kabupaten Sarolangun yaitu, Penetapan target capaian pengelolaan HPKD yang tidak menggunakan analisa yang akurat, Masih rendahnya kepekaan atau kesadaran pemerintah dalam mengidentifikasi potensi-potensi sumber peningkatan PAD, Masih rendahnya sumberdaya manusia atau kompetensi pengelola HPKD sehingga menyebabkan belum optimalnya pengelolaan kekayaan daerah di Kabupaten Sarolangun. Kata Kunci : Hasil Pengelolaan, Kabupaten Sarolangun, Pendapatan Asli Daerah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Keuangan Publik FMP
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:54
Last Modified: 15 Jul 2022 07:54
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11397

Actions (login required)

View Item View Item