EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI PENERBITAN SURAT KETERANGAN PENELITIAN (SIPENASAKTI) DALAM PELAYANAN PENERBITAN SURAT KETERANGAN PENELITIAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI RIAU

Alfarras, Ananda Fatih (2022) EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI PENERBITAN SURAT KETERANGAN PENELITIAN (SIPENASAKTI) DALAM PELAYANAN PENERBITAN SURAT KETERANGAN PENELITIAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI RIAU. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
Ringkasan Skripsi Ananda Fatih Alfarras.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penelitian ini mendeskripsikan tentang penerbitan Surat Keterangan Penelitian bagi Peneliti/Mahasiswa melalui SiPenaSakti. Berkaitan dengan hal tersebut permintaan untuk penerbitan Surat Keterangan Penelitian (SKP) yang cukup tinggi dan SKP tersebut sangat dibutuhkan oleh para peneliti untuk menyelesaikankarya tulis ilmiahnya dalam rangka mengumpulkan data, hal tersebut telah diatur di dalam Peraturan Dalam Negeri No. 3 Tahun 2018 tentang Penerbitan Surat Keterangan Penelitian yang menjelaskan prosedur mengenai Penerbitan Surat Keterangan Penelitian melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan operasional Sistem Informasi Penerbitan Surat Keterangan Penelitian (SiPenaSakti) dalam Pelayanan Penerbitan Surat Keterangan Penelitian, hambatan dalam pelaksanaan operasional SiPenaSakti, serta strategi yang tepat dalam upaya efektivitas pelaksanaan operasional SiPenaSakti. Metode: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 cara yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data-data yang terkumpul dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penerbitan Surat Keterangan Penelitian melalui SiPenaSakti dapat dilakukan darimana saja. Dalam 1 tahun terakhir SiPenaSakti dapat menerbitkan 9700 SKP. Hambatan yang ditemukan dalam penerbitan Surat Keterangan Penelitian adalah belum semua kampus yang memiliki MoU dengan DPMPTSP Provinsi Riau, pembuatan website Sistem Informasi yang belum maksimal, kurangnya tenaga ahli IT yang berkompeten untuk memaksimalkan SiPenSakti. Upaya yang dilakukan oleh Dinas yaitu dengan melakukan sosialisasi kepada kampus di Provinsi Riau untuk melakukan kerjasama, memberi perbaikan kepada SiPenaSakti oleh tenaga ahli IT untuk memaksimalkan SiPenaSakti. Kesimpulan: Efektivitas SiPenaSakti dalam Penerbitan Surat Keterangan Penelitian (SKP) yang diukur berdasarkan teori efektivitas menurut Gibson dan Steers dalam Sumaryadi (2007:107) yang terdiri dari 5 dimensi yaitu Produktivitas, Mutu atau Kualitas, Efisiensi, Fleksibel, dan Kepuasan. Terdapat 3 dimensi yaitu Efisiensi, Fleksibilitas, dan Kepuasan yang sudah tercapai. Sedangkan terdapat 2 dimensi yang belum tercapai yaitu Produktivitas dan Mutu/Kualitas dilihat dari pelaksanaan SiPenaSakti di lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Local Government Administration
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:43
Last Modified: 15 Jul 2022 07:43
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11395

Actions (login required)

View Item View Item