PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM VAKSINASI DI KABUPATEN WAJO PROVINSI SULAWESI SELATAN (STUDI KASUS PADA KECAMATAN SAJOANGING)

AGUS, FARIDHIL (2022) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM VAKSINASI DI KABUPATEN WAJO PROVINSI SULAWESI SELATAN (STUDI KASUS PADA KECAMATAN SAJOANGING). Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
FARIDHIL AGUS_29.1379_REPOSITORY.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian mengenai partisipasi masyarakat dalam program vaksinasi bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana partisipasi masyarakat dalam program vaksinasi, alasan masyarakat menolak untuk menerima vaksin serta langkah-langkah yang dilakukan pemerintah agar masyarakat berpartisipasi dalam program vaksinasi. Menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus, penulis mencoba mendeskripsikan bagaimana partisipasi masyarakat yang sebenarnya terhadap program vaksinasi dengan Puskesmas Salobulo Kecamatan Sajoanging sebagai lokasi studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan empat tahap yakni pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan partisipasi masyarakat terhadap program vaksinasi pada awal pelaksanaan atau pada dosis pertama dinilai tinggi menggunakan indicator penilaian partisipasi masyarakat berdasarkan teori Ahmad Mustanir, namun masalah mulai muncul pada saat pelaksanaan vaksinasi dosis kedua dimana terjadi ketimpangan jumlah masyarakat yang menerima vaksinasi antara dosis pertama dengan dosis kedua. Alasan masyarakat menolak menerima vaksin diketahui karena adanya hoax yang tersebar mengenai bahaya yang akan terjadi jika menerima vaksin, ketakutan yang timbul setelah melihat ada masyarakat yang mendapat efek setelah menerima vaksin dan oknum masyarakat yang acuh terhadap program vaksinasi. Berbagai upaya pun telah dilaksanakan oleh Puskesmas Salobulo bersama Pemerintah Desa agar target program vaksinasi tetap tercapai diantaranya pelaksanaan vaksinasi di tempat umum, pembatasan pelayanan public bagi masyarakat yang belum mempunyai kartu vaksin, pemberian edukasi bahaya hoax melalui sosialisasi dan pelayanan vaksinasi door to door. Kata Kunci : Vaksinasi, Partisipasi, Program

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Politics and Government > Public Policy Studies
Depositing User: Kebijakan Publik FPP
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:51
Last Modified: 15 Jul 2022 07:51
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11394

Actions (login required)

View Item View Item