KINERJA DINAS SOSIAL DALAM PENDISTRIBUSIAN BANTUAN PASCA BENCANA DI KABUPATEN YALIMO PROVINSI PAPUA

ARNOLD ZETH MARFIN FUSAGE, MARFIN (2022) KINERJA DINAS SOSIAL DALAM PENDISTRIBUSIAN BANTUAN PASCA BENCANA DI KABUPATEN YALIMO PROVINSI PAPUA. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
ARNOLD ZETH MARFIN FUSAGE_29.1721_KINERJA DINAS SOSIAL DALAM PENDISTRIBUSIAN BANTUAN PASCA BENCANA DI KABUPATEN YALIMO PROVINSI PAPUA.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Masyarakat di Kabupaten Supiori Provinsi Papua masih belum memahami tentang pencegahan bencana banjir. Hal ini tentu harus menjadi perhatian pemerintah mengingat tingginya resiko yang diakibatkan oleh bencana banjir. Dalam hal ini, peran Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) sangat dibutuhkan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana di daerah. Tujuan:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan berserta faktor penghambat dan upaya yang dilakukan dalam kebijakan mitigasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bagi masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Supiori Provinsi Papua. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui pendekatan induktif. Sumber data diperoleh menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Penelitian ini menggunakan analisis teori implementasi kebijakan Van Meter dan Horn (1975). Hasil/Temuan: Implementasi Kebijakan Mitigasi Bencana Banjir oleh BPBD di Desa Syurdori Kabupaten Supiori belum berjalan dengan maksimal, masih terdapat permasalahan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan tersebut. Pada aspek mitigasi, pencegahna, bencana banjir tersebut masih ditemui permasalahan seperti pelaksanaan sosialisasi dan edukasi tentang mitigasi bencana banjir, pembuatan peta rawan bencana khususnya bencana banjir, pelaksanaan pemantauan rutin yang belum tampak oleh masyarakat serta pelatihan kesiapsiagapan belum dirasakan masyarakat sehingga pencegahan dan penanganan bencana belum dirasakan seutuhnya oleh masyarakat, kurangnya personil, peralatan belum memadai, koordinasi dengan masyarakat belum berjalan, masih banyak yang belum dilakukan perehapan saluran pembuangan. Kesimpulan: Implementasi Kebijakan Mitigasi Bencana Banjir oleh BPBD Desa Syurdori Kabupaten Supiori masih belum optimal serta belum bisa mengatasi permasalahannya sehingga hampir sama sekali tidak dirasakan oleh masyarakat. Guna meningkatkan implementasi mitigasi diperlukan sosialiasi yang lebih praktis, pemantauan rutin, pelatihan kesiapsiagaan, sarana prasarana, dan meningkatkan koordinasi dan komunikasi pemerintah dengan masyarakat. Kata kunci: Implementasi, Kebijakan Mitigasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Safety Management and Public Security
Depositing User: Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik FPM
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:41
Last Modified: 18 Jul 2022 07:41
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11390

Actions (login required)

View Item View Item