PENGARUH KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK LAPOR WALIKOTA PALU TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PENGGUNA LAYANAN DI KOTA PALU PROVINSI SULAWESI TENGAH

Firmansyah, Muhammad Faqih (2022) PENGARUH KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK LAPOR WALIKOTA PALU TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PENGGUNA LAYANAN DI KOTA PALU PROVINSI SULAWESI TENGAH. Diploma thesis, Kementrian Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
Muhammad Faqih Firmansyah_Repository_29.1462_G3_Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik Lapor Walikota Palu terkadap kepuasan masyarakat pengguna layanan di kota Palu provinsi Sulawesi Tengah.pdf

Download (555kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Layanan Elektronik Lapor Walikota Palu dibuat oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palu sebagai media pelayanan publik dalam bentuk pelayanan pengaduan. Layanan elektronik Lapor Walikota Palu dapat dikatakan sukses salah satunya ditinjau dari segi kepuasan pengguna. Kepuasan pengguna dapat ditinjau dari faktor kualitas layanan yang diberikan. Fenomena yang ditemukan terdapat banyak laporan pengaduan yang tidak diselesaikan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui dampak dan besar pengaruh kualitas layanan elektronik lapor walikota palu terhadap kepuasan masyarakat pengguna layanan di Kota palu. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang berlandaskan kepada explanatory research dan Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis linear sederhana. Hasil/Temuan : Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu kualitas layanan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keuasan pengguna baik secara parsial maupun secara simultan, meskipun masih terkendala dengan sistem dan pelayanan yang masih ada kekurangan. Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan masyarakat pengguna layanan lapor walikota palu dengan besar pengaruh sebesar 62,5% dan berpengaruh secara positif. Hasil penelitian ini sejalan dengan hasil penelitian Hanum Latifa (2018), Prihanto Igif (2019), Fathira Virdha (2020) yang menyatakan bahwa kualitas layanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 15 Jul 2022 06:48
Last Modified: 15 Jul 2022 06:48
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11371

Actions (login required)

View Item View Item