STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN WONOSOBO PROVINSI JAWA TENGAH

Widiyanti, Rahmasari Nova (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN WONOSOBO PROVINSI JAWA TENGAH. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
REPOSITORY - RAHMASARI NOVA WIDIYANTI_29.0840_STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN WONOSOBO PROVINSI JAWA TENGAH.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Adanya pandemi Covid-19 membawa dampak yang besar di berbagai sektor kehidupan masyarakat. Pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mengurangi penularan Covid-19 dengan salah satunya kebijakan penutupan tempat wisata yang mengakibatkan penurunan kunjungan wisatawan, pertumbuhan ekonomi dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Wonosobo. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengembangan pariwisata, faktor pendukung dan penghambat serta strategi pengembangan pariwisata pada masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. Metode: Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, pengamatan, dokumentasi dan survei. Kemudian dianalisis menggunakan triangulasi data dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu pengembangan pariwisata di Kabupaten Wonosobo pada masa pandemic Covid-19 masih belum optimal akan teteapi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo telah melakukan berbagai upaya untuk menghadapi dampak dari adanya pandemic Covid-19, meskipun terkendala berbagai hal. Kesimpulan: Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan pariwisata pada masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah belum optimal, tampak dari sarana dan prasarana yang belum dikelola dengan baik dan akses jalan menuju tempat wisata yang masih rusak. Dalam pengembangan pariwisata tersebut terdapat faktor pendukung yaitu daya tarik wisata Kabupaten Wonosobo lebih beragam dan bervariatif dan semangat dari pihak swasta yang terus mendukung serta faktor penghambat yaitu sarana dan prasarana tempat wisata pengelolaannya masih kurang, jaringan telepon dan internet masih kurang, transportasi umum masih kurang menjangkau seluruh tempat wisata, kondisi jalan yang masih perlu perbaikan dan pemotongan anggaran. Strategi pengembangan pariwisata pada masa pandemi Covid-19 yaitu branding, promosi di media sosial dan meningkatkan daya tarik wisata, yang menjadi prioritas dari strategi tersebut yaitu promosi di media sosial. Kata kunci: Potensi, Pengembangan, Strategi, Peningkatan Perekonomian Masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Kebijakan Publik FPP
Date Deposited: 15 Jul 2022 06:39
Last Modified: 15 Jul 2022 06:39
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11367

Actions (login required)

View Item View Item