SINERGITAS BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP DALAM PENANGANAN PANDEMI COVID�19 DI KOTA PADANGPROVINSI SUMATERA BARAT

HAWARI, RIFQI (2022) SINERGITAS BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP DALAM PENANGANAN PANDEMI COVID�19 DI KOTA PADANGPROVINSI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
REPOSITORI RIFQI.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/ latar belakang (GAP) Pandemi Covid-19 menimbulkan peningkatan jumlah limbah dan tingginya kematian yang memerlukan pemakaman khusus untuk korban covid-19 sehingga diperlukan Sinergitas yang optimal antara Badan Penanggulangan Bencana dengan Dinas Lingkungan hidup. Tujuan penelitian ini mengetahui dan menganalisis bagaimana sinergitas antara BPBD dengan Dinas Lingkungan Hidup dalam penanganan penyebaran Covid-19 di Kota Padang, mengetahui apa yang menjadi faktor penghambat sinergitas BPBD dengan Dinas Lingkungan Hidup dalam penanganan penyebaran Covid-19 di Kota Padang serta mengetahui upaya apa yang dilakukan oleh BPBD dengan DLH dalam penanganan penyebaran pandemi di Kota Padang. Metode Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Penelitian ini menggunakan teori Covey yang menyebutkan kerjasama dan komunikasi merupakan hal penting dalam sinergi antar lembaga. Penulis melakukan pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan teori Croswell. Hasil/kesimpulan penelitian menunjukan bahwa sinergi yang terjadi kurang baik. Hal tersebut dibuktikan oleh kurangnya komunikasi antara atasan dan bawahan serta adanya konflik penolakan di masyarakat akibat tidak adanya pemahamanyang diberikan, sedangkan dari sisi kerjasama berjalan cukup baik hal ini dibuktikan dengan terciptanya penanganan yang cukup baik walaupun terdapat beberapa kendala yang dialami oleh tim teknis lapangan selama pemakaman dan penanganan limbah yaitu kurangnya sarana dan pra-sarana yang tersedia. Meski demikian instansi tersebut telah melakukan beberapa upaya seperti mengadakan peminjaman truk sampah kepada instansi lain. Penulis memberikan beberapa saran dalam meningkatkan sinergitas yaitu denganmengajukan anggaran untuk pengadaan peralatan, mengadakan edukasi kepada masyarakatsekitar apabila limbah pandemi tidak berbahaya jika diolah dengan baik, dan mengoptimalkan koordinasi kegiatan melalui rapat intensif per-priode.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Safety Management and Public Security
Depositing User: Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik FPM
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:45
Last Modified: 15 Jul 2022 03:45
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11342

Actions (login required)

View Item View Item