ANALISIS PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF TAHUN 2019 DI KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI PORVINSI SULAWESI TENGAH

Made armada, Murthalaq Mohammad (2022) ANALISIS PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF TAHUN 2019 DI KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI PORVINSI SULAWESI TENGAH. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
REPOSITORY_ALAQ.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

: Pada Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah terdapat beberapa masalah yang menyebabkan kurangnya partisipasi politik masyarakat yaitu fenomena Golput, adanya sikap pesimis dari masyarakat terhadap kualitas SDM calon Legislatif, dan masih banyaknya daerah-daerah terpencil yang susah di akses oleh roda 2 maupun roda 4. Partisipasi politik masyarakat sangat berpengaruh pada pemerintahan dimasa yang akan datang di Kabupaten Sigi. Oleh karena itu perlu dilakukan sebuah penelitian. Tujuan: Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana partisipasi politik masyarakat dan upaya Komisi Pemilihan Umum dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat dalam Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2019 Di Kabupaten Sigi. Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif dengan mengkaji teori yang dikemukakan oleh Samuel P.Huntington dan Joan Nelson (1990) yang membagi Partisipasi Politik menjadi lima (5) bentuk yaitu kegiatan pemilihan, lobbying, kegiatan organisasi, contacting, dan tindakan kekerasan. Sumber data yang digunakan lebih dominan pada sumber data sekunder daripada sumber data primer dimana kabanyakan data yang didapatkan dari pihak ke dua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara Semiterstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu Masih kurangnya kesadaran dari masyarakat Kabupaten Sigi akan pentingnya dalam berpartisipasi terhadap pemilu ini dibuktikan dengan masih banyaknya masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihya atau Golput sebanyak 3.504 orang. Menurunnya partisipasi politik masyarakat ini disebabkan juga kurangnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pemilu, kesalahan dalam administrasi, dan masih banyaknya daerah terpencil yang sulit diakses oleh transportasi. Kesimpulan dan Saran: Oleh karna rendahnya partisipasi politik masyarakat dalam Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Sigi maka pemerintah hendaknya memberikan pendidikan politik yang berkelanjutan dan tersistem kepada masyarakat dan pemerintah hendaknya dapat melakukan penambahan dalam materi sosialisasi, pemerintah juga dapat menyampaikan seberapa pentingnya masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam Pemilu. Kata Kunci: Partisipasi Politik, Masyarakat, Pemiihan Umum Legislatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Applied Indonesian Politics
Depositing User: Politik Indonesia Terapan
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:15
Last Modified: 14 Jul 2022 07:15
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11298

Actions (login required)

View Item View Item