PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI MELALUI SINGLE APP INTEGRASI LAYANAN PUBLIK (JENDELAKU) DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN KULON PROGO

Raharjo, Dicky Andhika Dwi Raharjo (2022) PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI MELALUI SINGLE APP INTEGRASI LAYANAN PUBLIK (JENDELAKU) DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN KULON PROGO. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI PRAJA (Dicky Andhika D R_29.0876_Penerapan teknologi informasi melalui aplikasi jendelaku).pdf

Download (530kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik perlu didukung dengan perangkat dan penggunaan teknologi yang mampu membantu terselenggaranya kegiatan di pemerintahan. Presiden mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Strategi dan Kebijakan Nasional Pengembangan E-Government. Berdasarkan hal tersebut, Kabupaten Kulon Progo sudah melakukan program inovasi e-government dalam bentuk penggunaan Aplikasi JendelaKU. Tujuan dari penelitian dan magang riset terapan pemerintahan ini yaitu untuk mengetahui penerapan teknologi informasi, hambatan atau kendala serta upaya untuk mengatasi hambatan penggunaan Aplikasi JendelaKU dalam menunjang kinerja aparat di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Peneliti menggunakan teori teknologi informasi dari Ricardus Eko Indrajit dengan dimensi Sumber Daya Manusia, Sistem Teknologi dan Relasi. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Huberman dan Miles yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputusan. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan penerapan penggunaan Aplikasi JendelaKU dalam menunjang kinerja aparat di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo telah berjalan dengan baik walaupun masih terdapat kendala diantaranya dari segi sumber daya aparatur, beberapa titik blankspot, keterbatasan pendaftaran NIK nasional. Kesimpulan : Pelayanan melalui aplikasi jendelaku sudah cukup baik di daerah Kabupaten Kulon Progo. Dimanba pemerintah kabupaten Kulon Progo sudah menjalankannya dengan baik dan sarana sarana pendukung berjalannya pelayanan ini sudah memadai. Masyarakatpun merasa terbantu sehingga aplikasi ini sudah berjalan dengan baik. Kata Kunci: Aplikasi Suratku, Kinerja, Teknologi Informasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 14 Jul 2022 03:29
Last Modified: 14 Jul 2022 03:29
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11280

Actions (login required)

View Item View Item