Ambrauw, Danni Ruben Immanuel (2022) ANALISIS KUALITAS WEBSITE PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN NABIRE SEBAGAI SARANA PENYAMPAIAN INFORMASI PUBLIK DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN NABIRE PROVINSI PAPUA. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
|
Text
RINGKASAN SKRIPSI _DANNI RUBEN IMMANUEL AMBRAUW_29.1732.pdf Download (276kB) | Preview |
Abstract
ABSTRACT Problem/Background (GAP): The times have brought various changes in the means of delivering information to the public, with the current technology, the website is used as a means of delivering public information used by local governments in conveying information about government activities and information about other local governments. This research examines the quality of the website of the Nabire Regency Government at the Nabire Regency Communication and Information Office as a means of delivering public information. Objective: This study aims to analyze the quality of the Nabire Regency Government's website which is managed by the Nabire Regency Communication and Information Office, to find out the factors that improve the website quality and to formulate the efforts of the Nabire Regency Communication and Information Office to create a quality website as a means of delivering public information. Methods: This research uses qualitative research methods with descriptive research type. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. The data analysis process includes data reduction, data presentation and conclusion drawing. Results/Findings: 3 aspects that make a quality website a means of delivering public information, namely; 1). The usability aspect is a website that is easy to use and operate and a website design that is in accordance with the website's purpose as a government website. 2). Information Quality Aspects, namely the publication of information displayed from trusted sources taken from the Regional Apparatus Organization (OPD) within the Nabire Regency Government and published regularly. 3). Quality Aspects of Service Interaction, namely the interaction between website managers and website users by providing features to facilitate users who want to interact with website services. Conclusion: Overall the quality of the website of the Nabire Regency Government is quite good in accordance with the aspects that make the Nabire Regency Government's website a means of delivering quality public information. Keywords: Website, Webqual 4.0, Quality Aspect ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Perkembangan zaman telah membawa berbagai perubahan dalam sarana penyampaian informasi kepada publik, dengan adanya teknologi saat ini, website dimanfaatkan sebagai salah satu sarana penyampaian informasi publik yang dipakai oleh pemerintah daerah dalam menyampaikan informasi seputar kegiatan pemerintah dan informasi tentang pemerintah daerah lainnya. Dalam penelitian ini meneliti tentang kualitas website Pemerintah Daerah Kabupaten Nabire di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nabire sebagai sarana penyampaian informasi publik. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas website Pemerintah Daerah Kabupaten Nabire yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nabire, mengetahui faktor-faktor yang meningkatkan kualitas website dan merumuskan upaya Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nabire dalam menciptakan website yang berkualitas sebagai sarana penyampaian informasi publik. Metode: Penelitian ini Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian Deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: 3 aspek yang menjadikan website berkualitas sebagai sarana penyampaian informasi publik, yaitu; 1). Aspek Kegunaan yaitu website yang mudah digunakan dan dioperasikan serta desain website yang sesuai dengan tujuan website sebagai website pemerintahan. 2). Aspek Kualitas Informasi yaitu publikasi informasi yang ditampilkan berasal dari sumber terpercaya yang diambil dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Nabire dan dipublikasikan secara berkala. 3). Aspek Kualitas Interaksi Layanan, yaitu adanya interaksi yang dilakukan antara pengelola website dan pengguna website dengan menyediakan fitur-fitur untuk memudahkan pengguna yang ingin berinteraksi terkait layanan website. Kesimpulan: Secara keseluruhan kualitas website milik Pemerintah Daerah Kabupaten Nabire telah cukup baik sesuai dengan aspek yang menjadikan website Pemerintah Daerah Kabupaten Nabire menjadi sarana penyampaian informasi publik yang berkualitas. Kata kunci: Website, Webqual 4.0, Aspek Kualitas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 02:19 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 02:19 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11269 |
Actions (login required)
View Item |