Efektivitas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau

Hazly, Muhammad Zikry (2022) Efektivitas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI M. ZIKRY.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

Judul dari Skripsi ini adalah “Efektivitas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau”. Adapun tujuan dari peneliti melakukan penelitian ini dilatarbelakangi oleh bencana kebakaran hutan dan lahan yang kerap kali terjadi setiap tahunnya oleh sebab itu penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkalis dalam Penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan serta mengetahui apa saja hambatan dan upaya yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkalis tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan yang ada dalam penelitian ini adalah pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkalis yang menanggulangi masalah kebencanaan dan masyarakat Kabupaten Bengkalis khususnya yang bertempat tinggal di daerah yang rawan akan kebakaran hutan dan lahan. Kesimpulan dari Skripsi ini yaitu Efektivitas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkalis dapat digolongakan efektif karena hal tersebut dapat dilihat dari hasil data yang diperoleh mengenai Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkalis menunjukkan bahwa Badan tersebut selalu dapat mengatasi dalam menanggulangi bencana khususya bencana kebakaran hutan dan lahan. Hambatan yang berasal dari luar maupun dalam juga sudah dapat diatasi dengan upaya yang dilakukan. Berdasarkan kesimpulan tersebut, peneliti memberikan saran yaitu untuk pemerintah Kabupaten Bengkalis dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkalis agar perlu adanya perbaikan kembali dan evaluasi terhadap kendala yang menjadi penghambat Efektivitas BPBD dalam menanggulangi bencana serta evaluasi lagi peraturan yang berlaku dan penambahan anggaran dalam penanggulangan bencana. Kata kunci: Efektif, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kebakaran hutan lahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Safety Management and Public Security
Depositing User: Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik FPM
Date Deposited: 15 Jul 2022 06:59
Last Modified: 15 Jul 2022 06:59
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11252

Actions (login required)

View Item View Item