TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT KOTA DEPOK MELALUI KUALITAS LAYANAN APLIKASI DEPOK SINGLE WINDOW (DSW)

NOVIAN, HANA NELAFRINANDA (2022) TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT KOTA DEPOK MELALUI KUALITAS LAYANAN APLIKASI DEPOK SINGLE WINDOW (DSW). Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
29.0655 Hana Nelafrinanda Tingkat Kepuasan Masyarakat Kota Depok melelui Kualitas Layanan Aplikasi DSW.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Kesenjangan antara jumlah pengguna yang menginstall dan menguninstall aplikasi Depok Single Window (DSW) menjadi pertanyaan besar untuk Pemerintah Kota Depok apakah masyarakat tidak puas dengan aplikasi ini dan apa penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Apa saja faktor-faktor yang menentukan kepuasan masyarakat Kota Depok melalui layanan aplikasi Depok Single Window (DSW); 2) Bagaimana tingkat kepuasan masyarakat Kota Depok melalui layanan aplikasi Depok Single Window (DSW); serta 3) Apa upaya perbaikan terhadap layanan aplikasi Depok Single Window (DSW) .Dengan menggunakan teori oleh Kotler (2000 : 25), penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan deduktif dan pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner yang selanjutnya memudahkan penulis untuk mendapatkan data dari para responden. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, didapatkan bahwa faktor-faktor yang menentukani kepuasan masyarakat Kota Depok terhadap layanan aplikasi Depok Single Window (DSW) adalah kesigapan dan ketepatan dalam memberikan pelayanan, penanganan keluhan dan komunikasi serta nilai tingkat kepuasan masyarakat Kota Depok terhadap layanan aplikasi Depok Single Window (DSW) sebesar 71,51% dengan kategori puas Kesimpulan: Kesenjangan jumlah pengguna yang menginstall dan pengguna yang menguninstall aplikasi Depok Single Window (DSW) dapat diketahui melalui faktor-faktor apa saja yang menentukan kepuasan masyarakat terhadap layanan aplikasi ini yaitu kinerja yang rendah, namun harapan masyarakat tinggi yaitu kesigapan dan ketepatan dalam memberikan pelayanan, penanganan keluhan berupa perbaikan pada call center, kredibilitas dengan memperkuat cyber security dan komunikasi serta nilai tingkat kepuasan masyarakat Kota Depok terhadap layanan aplikasi Depok Single Window (DSW) sebesar 71,51% dengan kategori puas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Public Policy Studies
Depositing User: Kebijakan Publik FPP
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:59
Last Modified: 12 Jul 2022 07:59
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11174

Actions (login required)

View Item View Item