KOMPETENSI PEGAWAI DALAM MELAKSANAKAN PELAYANAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN KAMPUNG KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

SIDDIQ, TAUFIK QURROHMAN (2022) KOMPETENSI PEGAWAI DALAM MELAKSANAKAN PELAYANAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN KAMPUNG KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, IPDN.

[img]
Preview
Text
TAUFIK QURROHMAN SIDDIQ_29.0578_KOMPETENSI PEGAWAI DALAM MELAKSANAKAN PELAYANAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN KAMPUNG KABUPATEN LAMPUNG TENGAH (2).pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh reformasi birokrasi yang mana memprioritaskan untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. pelayanan yang optimal tidak bisa hanya dilakukan oleh pemrintah pusat, sebagai negara yang melaksanakan otonomi daerah maka pemerintah daerah juga memiliki peran yang sangat penting dan menjadi ujung tombak pelayanan langsung kepada masyarakat, salah satunya adalah pelayanan pemberdayaan masyarakat. Berkaitan dengan hal itu maka penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kompetensi Pegawai di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Lampung Tengah Dalam Melaksanakan Pelayanan Pemberdayaan Masyarakat, dan untuk mengetahui faktor apa yang menjadi pendukung, penghambat .serta upaya apa yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Lampung Tengah dalam mengatasinya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Kompetensi menurut Wibowo (2016:324) dengan metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Dari hasil analisis diambil kesimpulan bahwa pelaksanaan pelayanan pemberdyaaan masyarakat di Dinas Pemberdayaan Masyarakat di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Lampung Tengah telah berjalan sebagaimana mestinya, walaupun ada beberapa pegawai yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya akan tetapi hal ini tidak mengganggu kinerja pegawai. Kata Kunci: Kompetensi, Pemberdayaan, Pelayanan ABSTRACT This research is motivated by bureaucratic reforms which prioritize to provide optimal services to the community. Optimal service cannot only be done by the central government, as a country that implements regional autonomy, the local government also has a very important role and spearheads direct service to the community, one of which is community empowerment services. Related to that, this research was conducted to find out how Competence of Employees in the Community Empowerment office and Village of Central Lampung Regency in Carrying Out Community Empowerment Services, and to find out what factors are supporting, inhibiting and what efforts are made by the Central Lampung Regency Community empowerment and Village Office in overcoming it. The theory used in this research is competency theory according to Wibowo (2016: 324) with qualitative research methods and data collection techniques with interviews, observations, documentation and triangulation. From the results of the analysis, it was concluded that the implementation of community service in the Community Empowerment Office in the Community Empowerment Office and Central Lampung Regency Village had been running as it should, although there were some employees who were not in accordance with their educational background, but this did not interfere with the performance of employees. Keywords: Competence, Empowerment, Service

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik FMP
Date Deposited: 12 Jul 2022 04:32
Last Modified: 12 Jul 2022 04:32
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11161

Actions (login required)

View Item View Item