Sazufi, Fadhlin (2022) OPTIMALISASI WEBSITE SANG AJUDAN DALAM PELAYANAN INFORMASI MASYARAKAT PADA BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN ACEH SELATAN. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
|
Text
repository fadhlin.pdf Download (617kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Pelayanan terhadap keterbukaan informasi masyarakat tidak terlepas dari penggunaan website.Dalam hal transparansi pelaksanaan pemerintahan daera tentunya sangat memerlukan website guna memudahkan system informasi terhadap masyrakat. Website SANG AJUDAN merupakan suatu system informasi terpadu penjadwalan, pendokumentasian dan publikasi kegiatan kepala daerah. Kegiatan kepala daerah menjadi salah satu keharusan bagi masyarakat untuk diketahui, dikarenakan kepala daerah memiliki tugas memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan daerah dan bertanggung jawab dalam peneteapan kebijakan pemerintahan daerah di semua sector pelayanan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan, menganalisis keterlibatan masyarakat dan upaya dalam meningkatkan kualitas aplikasi web SANG AJUDAN. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hambatan-hambatan yang dimliki seperti kurangnya fasilitas sarana dan prasarana, kurangnya sumber daya aparatur, kurangnya regulasi mengenai standar operasional prosedur website SANG AJUDAN serta rendahnya minat masyarakat dalam mengakses website SANG AJUDAN.Sehingga dalam mengoptimalkan website SANG AJUDAN dalam pelayanan informasi masyarakat dapat dilakukan dengan memaksimalkan fasilitas sarana prasarana, sumber daya aparatur ataupun tenaga ahli ditingkatkan, juga termasuk memaksimalkan desain grafis yang ada pada website.Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Aceh Selatan harusnya lebih memerhatikan hal teresebut guna meningkatkan pelayanan informasi masyarakat di Aceh Selatan. Kesimpulan: website SANG AJUDAN telah dioptimalkan berdasarkan pelayanan informasi masyarakat yang ada di kabupaten Aceh Selatan. Kata Kunci : Optimalisasi, website SANG AJUDAN, Pelayanan Informasi masyarakat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Goverment Management > Smart City Information Management |
Depositing User: | Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:17 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 04:17 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11117 |
Actions (login required)
View Item |