PENGELOLAAN ADMINISTRASI PENDUDUK PINDAH DATANG BERBASIS ONLINE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARBARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

diyanta putri, intan salsabila (2022) PENGELOLAAN ADMINISTRASI PENDUDUK PINDAH DATANG BERBASIS ONLINE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARBARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
REPOSITORI -INTAN SALSABILA -29.1172 -I5.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Keberadaan penduduk yang setiap tahun berubah akibat keluar masuknya masyarakat Kota Banjarbaru pada masa pandemi saat ini, sehingga banyak kasus perihal pelayanan surat keterangan pindah datang yang terjadi di Kota Banjarbaru. Hal ini mendorong Dinas Kependudukan serta Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru membuat suatu inovasi pelayanan berbasis aplikasi. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan administrasi penduduk pindah datang secara online dan apa saja hambatan dalam pengelolaan administrasi penduduk pindah datang serta upaya yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru dalam mengatasi permasalahan dalam pengelolaan administrasi penduduk pindah datang secara online. Metode : metode yang penulis gunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif melalui pendekatan induktif. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan terhadap apa yang didapat di lapangan. Hasil / Temuan : Menunjukkan bahwa pengelolaan penduduk pindah datang dilakukan dengan memenuhi syarat administrasi yang diinput secara online pada website dukcapilonline.banjarbarukota.go.id dan selanjutnya diproses oleh pihak pelayanan yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Dengan begitu masyarakat bisa memiliki Surat Keterangan Pindah atupun Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk domisili baru. Hambatan yang ditemui dalam pengelolaan penduduk pindah datang adalah gangguan jaringan dan terlambatnya masyarakat dalam pelaporan. Kesimpulan : Adapun upaya yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam mengatasi masalah tersebut ialah dengan melakukan sosialisasi dan melakukan pendataan secara berkala serta membantu masyarakat dalam pelayanan online melalui perangkat Kecamatan dan Kelurahan. Diharapkan upaya yang dilakukan tersebut dapat dilakukan terus dan semakin dikembangkan agar masyarakat semakin sadar dengan pentingnya administrasi kependudukan dengan pelayanan yang sudah semakin dipermudah. kata kunci: pengelolaan, administrasi kependudukan, penduduk pindah datang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 11 Jul 2022 04:07
Last Modified: 11 Jul 2022 04:07
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11098

Actions (login required)

View Item View Item