IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGOPERASIAN TRANSPORTASI ANGKUTAN UMUM PENUMPANG PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA SUKABUMI, PROVINSI JAWA BARAT

Rusdy, Muhajir Ibnu (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGOPERASIAN TRANSPORTASI ANGKUTAN UMUM PENUMPANG PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA SUKABUMI, PROVINSI JAWA BARAT. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
repository 29.0673 muhajir ibnu rusdy new.pdf

Download (381kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Kebijakan pemerintah untuk membatasi pengoperasian angkutan umum dalam rangka mempercepat Pandemi Covid-19 berdampak pada turunnya perekonomian masyarakat. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan implementasi kebijakan pengoperasian angkutan umum pada masa pandemi covid-19 di Kota Sukabumi dalam mengurangi kasus Covid-19 di Kota Sukabumi. Kebijakan ini diharapkan mampu mengurangi minat berpergian masyarakat sehingga tingkat penyebaran virus Covid-19 di dalam angkutan umum berkurang. Metode: Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif metode kasus dengan melihat data dan fenomena respon masyarakat yang terjadi pada transportasi umum sesuai dengan perkembangan kebijakan pengoprasian angkutan umum di masa pandemi COVID – 19. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yakni dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan pada Desember 2021 dimana pada saat itu kasus Covid—19 di Kota Sukabumi telah berangsur membaik. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukan bahwa kebijakan pengoprasian angkutan umum pada masa pandemi Covid-19 di Kota Sukabumi berpengaruh terhadap penurunan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum di wilayah kota Sukabumi. Dengan menurunya minat masyarakat yang berpergian menggunakan transportasi umum memungkinkan untuk mencegah adanya penularan COVID – 19 di dalam transportasi umum. Kesimpulan: Implementasi kebijakan pengoperasian transportasi angkutan umum penumpang pada masa pandemi Covid-19 berhasil mencapai tujuannya yaitu menurunkan kasus Covid-19 akan tetapi kebijakan tersebut membawa beberapa dampak negatif yang harus segera diselesaikan. Kata kunci : Kebijakan, Angkutan Umum, COVID – 19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Public Policy Studies
Depositing User: Kebijakan Publik FPP
Date Deposited: 08 Jul 2022 08:40
Last Modified: 08 Jul 2022 08:40
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11064

Actions (login required)

View Item View Item