PENGARUH PERENCANAAN ANGGARAN DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENYERAPAN ANGGARAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN MINAHASA

Raranta, Lienly Trifosa (2022) PENGARUH PERENCANAAN ANGGARAN DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENYERAPAN ANGGARAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN MINAHASA. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
Ringkasan Skripsi_Lienly T. Raranta_29.1515_F1_Keuangan Publik.pdf

Download (851kB) | Preview

Abstract

Pemerintah daerah Kabupaten Minahasa setiap tahunnya melakukan pengeluaran dalam rangka memenuhi pelayanan dasar masyarakat. Namun seringkali tidak optimal, penyerapan anggaran pada awal tahun cenderung rendah. Keterlambatan dalam penyerapan anggaran akan berdampak terhadap pelaksanaan program dan kegiatan yang telah direncanakan. Keberhasilan penyerapan anggaran yang maksimal, efektif dan efisien merupakan kunci dalam pembangunan daerah demi kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perencanaan anggaran, kompetensi sumber daya manusia, dan penyerapan anggaran pemerintah daerah Kabupaten Minahasa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Responden penelitian diambil dari aparatur sipil negara pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Minahasa, dimana sampel yang digunakan adalah teknik total sampling, yaitu keseluruhan pegawai dijadikan sebagai responden yang berjumlah 30 orang. Alat uji analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana untuk pengujian variabel secara parsial dan analisis regresi berganda untuk menguji variabel secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan, secara parsial Perencanaan Anggaran berpengaruh signifikan terhadap Penyerapan Anggaran sebesar 78,49%% dan Kompetensi Sumber Daya Manusia berpengaruh signifikan terhadap Penyerapan Anggaran sebesar 69,88%, sedangkan secara simultan Perencanaan Anggaran dan Kompetensi Sumber Daya Manusia berpengaruh signifikan terhadap Penyerapan Anggaran sebesar 98,6%. Kata Kunci: Perencanaan Anggaran, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penyerapan Anggaran Pemerintah Daerah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Keuangan Publik FMP
Date Deposited: 08 Jul 2022 08:01
Last Modified: 08 Jul 2022 08:01
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/11056

Actions (login required)

View Item View Item