IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM) DI KABUPATEN MINAHASA UTARA PROVINSI SULAWESI UTARA

Rumangkang, Nevada Pingkan (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM) DI KABUPATEN MINAHASA UTARA PROVINSI SULAWESI UTARA. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
NEVADA P.RUMANGKANG_29.1522,.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari melonjaknya angka positif COVID-19 sehing-ga menjadikan pemerintah untuk terus-menerus membenahi dan meningkatkan program yang dapat mengurangi angka positif COVID-19. Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menjadi produk kebijakan yang ditetapkan untuk menanggulangi kasus COVID-19 secara menyeluruh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendeka-tan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa implementasi kebijakan PPKM su-dah berjalan dengan baik karena adanya respon dan kepatuhan yang baik dari masyarakat serta sumber daya aparatur yang dapat mengimple-mentasikan kebijakan PPKM ini dengan baik. Upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dalam hal ini Dinas Kesehatan dalam mengatasi kebijakan ini ialah menyokong fasilitas sarana prasara-na kesehatan serta meningkatkan kinerja tenaga kesehatan.. Penanggulangan COVID-19 di Kabupaten Minahasa Utara saat ini memang sudah terhitung menurun sejak Juli 2021 angka positif COVID-19 kian menurun tiap harinya lewat dari pemantauan Satuan Tu-gas Penanganan COVID-19 Daerah Kabupaten Minahasa Utara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Kebijakan Publik FPP
Date Deposited: 08 Jul 2022 03:21
Last Modified: 08 Jul 2022 03:21
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10975

Actions (login required)

View Item View Item