PELAKSANAAN PROGRAM TERNATE SMART ISLAND COMMAND CENTER (TSI CC) SEBAGAI WUJUD e-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KOTA TERNATE

Salamate, Andika (2022) PELAKSANAAN PROGRAM TERNATE SMART ISLAND COMMAND CENTER (TSI CC) SEBAGAI WUJUD e-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KOTA TERNATE. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
Ringkasan Skripsi _Andika Salamate.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang: Penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik perlu didukung dengan perangkat dan penggunaan teknologi yang mampu membantu terselenggaranya kegiatan di pemerintahan. Kota Ternate termasuk dalam 100 daerah yang terpilih sebagai tempat pelaksanaan smart city berdasarkan hal tersebut, Kota Ternate masih dalam pendampingan sejak tahun 2018 namun sudah melakukan program inovasi smart government dalam bentuk penggunaan TSI CC sebagai bentuk pelayaan publik. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan Program TSI CC sebagai wujud e-Government dalam pelayanan publik di Kota Ternate, yang selanjutnya dideskripsikan untuk memperoleh informasi terkait proses pelaksanaan Program TSI CC dalam pelayanan publik. Metode: Peneliti menggunakan teori pelaksanaan program oleh Jones (dalam wahab) dengan dimensi organisasi, Interpretasi dan penerpan atau aplikasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Huberman dan Miles yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil/Temuan: Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan program pembangunan TSI sebagai wujud e-Government dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik oleh Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kota Ternate secara umum belum berjalan dengan baik dan masih ada ditemukan beberapa kendala yang menghambat pelaksanaan program. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian bahwa dalam pelakasanaan TSI CC belum terlihat sama sekali, adapun sistem pengaduan layanan online yang terkoneksi sebelumnya si Apik telah di gantikan oleh pusat yakni aplikasi pengaduan layanan publik satu pintu yang terintegrasi secara nasional (SP4N-LAPOR!) merupakan aplikasi dari pemerintah pusat, sehingga aplikasi Si Apik di nonaktifkan dan masyarakat dapat melakukan pengaduan via sms atau masuk ke websitenya untuk melaporkan atau mengadukan apa yang dikeluhkan melalui SP4N-LAPOR!. Hal ini dapat dapat dilihat dari beberapa indikator pelaksanaan program yaitu struktur organisasi dan sumber daya aparatur, mekanisme pelaksanaan dan pemahaman konsep, kesesuaian rencana dengan fakta dilapangan, tingkat pekembangan layanan publik setelah program berjalan, oleh Jones (dalam Wahab). Kata Kunci: TSI CC, Pelaksanaan Program, Teknologi Informasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 07 Jul 2022 08:41
Last Modified: 07 Jul 2022 08:41
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10956

Actions (login required)

View Item View Item