IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN MELALUI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN BULUNGAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA

adrian, arie fransyah (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN MELALUI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN BULUNGAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA. Diploma thesis, institut pemerintahan dalam negeri.

[img]
Preview
Text
ringkasan skripsi arie4.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/ Latar Belakang (GAP): Semakin meningkatnya jumlah kemiskinan di Kabupaten Bulungan akibat dari virus covid-19 yang memebuat banyak orang kehilangan mata pencahariannya. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan kebijakan emerintahan Kabupaten Bulungan dalam penanggulangan kemiskinan melalui program keluarga harapan (PKH) di Kabupaten Bulungan pada masa pandemic covid-19. Metode: Metode kualitatif merupakan metode yang digunakan pada penelitan ini dengan pendekatan deskriptif. Metode kualitatif merupakan metode untuk memahami makna oleh sejumlah masyarakat atau sekelompok orang yang dianggap berasal dari masalah sosial atau kemanusiaan. Hasil/Temuan: temuan pada Implementasi kebijakan pemerintahan dalam penanggulangan kemiskinan melalui Program Keluarga Harapan masa pandemic covid-19 di Kabupaten Bulungan yaitu adanya permasalahan dalam pendataan masyarakat miskin dan kurangnya sumberdaya manusia dalam pembagian bantuan. Kesimpulan: belumlah efektif karena masih kurangnya sumberdaya manusia, khususnya dalam proses pendataan dan pengwasan proses penyaluran dana PKH serta anggaran dalam Program Keluarga Harapan masih ada masyarakat yang sesuai kriteria sasaran penerima PKH tetapi belum menerima bantuan karena terbatasnya anggaran dari pemerintah Dinas Sosial Kabupaten Bulungan diharapkan mampu memberikan pemahaman lebih kepada apparat desa mengenai pentingnya penyaluran dan pengelolaan data PKH . Kata Kunci : implementasi, kemiskinan, Program Keluarga Harapan (PKH)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Kebijakan Publik FPP
Date Deposited: 07 Jul 2022 07:38
Last Modified: 07 Jul 2022 07:38
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10927

Actions (login required)

View Item View Item