EFEKTIVITAS LAYANAN APLIKASI E-PASAR DALAM MENDUKUNG PEMASARAN PRODUK UNGGULAN DI KABUPATEN LANGKAT

Nurhidil, Alfi (2022) EFEKTIVITAS LAYANAN APLIKASI E-PASAR DALAM MENDUKUNG PEMASARAN PRODUK UNGGULAN DI KABUPATEN LANGKAT. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
v.2 Alfi Nurhidil_29.0080_efektivitas layanan aplikasi e-pasar dalam mendukung pemasaran produk unggulan di Kabupaten Langkat.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem/Background (GAP) :The author focuses on the efectiveness of e-Pasar application that is an innovation carried out by the Regent of Langkat through the Office of Communication and Information in Langkat Regency to increase product marketing in Langkat Regency. However, the e-Pasar itself is still not running effectively because there are still many shortcomings in the e-Market application service developed by the Department of Communication and Information. Purpose: The purpose of this research is to find out whether this application has been running effectively or not. Methods: This study uses a qualitative method with a descriptive type of research, data collection techniques are carried out by interviews, observation and documentation. The data analysis technique uses data reduction, data presentation and decision making. Results/Findings: there are still many things that make this application not run optimally such as a lack of manpower and also a lack of public knowledge about this application. Conclusion: The conclusion of this study describes that 5 dimensions of effectiveness in the implementation of e-Market application services at Diskominfo, namely: program success, target success, satisfaction with application programs, input and output levels, achievement of overall goals, there are 4 dimensions that have not been effective, namely dimensions the success of the application program, the success of the target, the level of input and output, the achievement of the overall goal of this happens because of the inhibiting factors of e-Market such as inadequate human resources, socialization that has not been maximized, many MSME actors who have not registered for e-Market, lack of software up to date and the lack of feature innovation and for supporting factors such as good hardware, good public service and communication and information and a good level of public trust as well. Keywords: e-Pasar Application, Efectiveness, Diskominfo ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP) :Penulis berfokus pada efektivitas dari Aplikasi e-Pasar yang merupakan inovasi yang dilakukan oleh Bupati Langkat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika di Kabupaten Langkat untuk meningkatkan pemasaran produk yang ada di Kabupaten Langkat. Namun e-Pasar sendiri masih belum berjalan dengan efektif dikarenakan masih banyaknya terdapat kekurangan yang ada di dalam layanan aplikasi e-Pasar yang dikembangkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah aplikasi ini sudah berjalan efektif atau belum. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputusan. Hasil/Temuan: masih banyak ditemukan hal-hal yang membuat aplikasi ini belum berjalan maksimal seperti kurangnya tenaga kerja dan juga kurangnya pengetahuan masyarakat tentang adanya aplikasi ini. Kesimpulan: hasil dari penelitian ini menjabarkan bahwa 5 dimensi efektivitas dalam pelaksanaan pelayanan aplikasi e-Pasar di Diskominfo, yaitu: keberhasilan program, keberhasilan sasaran, kepuasan terhadap program aplikasi, tingkat input dan output, pencapaian tujuan menyeluruh, terdapat 4 dimensi yang belum efektif yaitu dimensi keberhasilan program aplikasi, keberhasilan sasaran, tingkat input dan output , pencapaian tujuan menyeluruh hal ini terjadi karena adanya faktor penghambat e-Pasar seperti sumber daya manusia yang kurang mumpuni, sosialisasi yang belum maksimal, pelaku umkm masih banyak yang belum mendaftar ePasar, perangkat lunak kurang up to date dan kurangnya inovasi fitur dan untuk faktor pendukungnya seperti perangkat keras yang baik, pelayanan publik diskominfo yang baik dan tingkat kepercayaan masyarakat yang baik juga. Kata kunci: Aplikasi e-Pasar, Efektivitas, Diskominfo

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 07 Jul 2022 04:02
Last Modified: 07 Jul 2022 04:02
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10892

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item