PELAKSANAAN PELAYANAN KARTU IDENTITAS ANAK MELALUI APLIKASI JAGA KENDARI (JARI) DALAM MENINGKATKAN TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA KENDARI PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Haekal, Muhammad Rifky (2022) PELAKSANAAN PELAYANAN KARTU IDENTITAS ANAK MELALUI APLIKASI JAGA KENDARI (JARI) DALAM MENINGKATKAN TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA KENDARI PROVINSI SULAWESI TENGGARA. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
REPOSITORI RIFKI I-2 (2).pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): (Berisi background yang melatarbelakangi penelitian). Kartu Identitas Anak merupakah salah satu kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah melalui Kementrian Dalam Negeri yakni Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pelaksanaan Pelayanan Kartu Identitas Anak Melalui Aplikasi Jaga Kendari (JARI) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kendari untuk melihat keberhasilan dan suatu pelaksanaan pelayanan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kendari. Tujuan: Untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan pelayanan kartu identitas anak melalui aplikasi JARI di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kendari .Metode: Penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif, dimana penulis mendapatkan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil/Temuan: Temuan dari pelayanan KIA melalui aplikasi JARI yakni masih adanya keterbatasan tentang sarana dan prasarana penunjang pelayanan secara daring, baik karena terbatasnya ketersediaan wifi, ganggung jaringan, serta belum semua masyarakat menggunakan smartphone. Kesimpulan: pelaksanaan pelayanan KIA melalui aplikasi jaga kendari (JARI) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kendari sudah berjalan dengan cukup baik dilihat dari hasil sosialisasi yang sudah baik, kualitas, sikap dan loyalitas pegawai yang cukup baik, kerjasama dengan berbagai instansi terkait, serta mencapaian target yang diberikan dirjen cukpil melebihi target yang di berikan. Kata kunci: Pelaksanaan, Pelayanan, Kartu Identitas Anak, Aplikasi Jaga Kendari (JARI)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Demography and Civil Registration Studies
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:35
Last Modified: 07 Jul 2022 03:35
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10880

Actions (login required)

View Item View Item