EFEKTIVITAS PROGRAM KAMPUNG KB DALAM MENGENDALIKAN LAJU PERTUMBUHAN PENDUDUK DI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW

LAOH, ANDRA (2022) EFEKTIVITAS PROGRAM KAMPUNG KB DALAM MENGENDALIKAN LAJU PERTUMBUHAN PENDUDUK DI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
TEUKU DIANDRA LAOH_29.1533_EFEKTIVITAS PROGRAM KAMPUNG KB DALAM MENGENDALIKAN LAJU PERTUMBUHAN PENDUDUK DI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP):Penelitian skripsi ini memiliki judul Efektivitas Program Kampung KB Dalam Mengendalikan Laju Pertumbuhan Penduduk di Kabupaten Bolaang Mongondow. Tujuan: Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana Program Kampung KB memberi dampak positif bagi masyarakat dalam hal ini mengenadalikan laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Bolaang Mongondow. Tujuan Program Kampung KB di Kabupaten Bolaang Mongondow antara lain adalah mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, meningkatkan kesejahteraan, dan meningkatkan Pasangan Usia Subur (PUS) yang menjadi menjadi peserta KB aktif (akseptor KB). Metode: Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif dalam memaparkan keadaan objek penelitian berdasarkan fakta yang ditemui di lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti memperoleh data melalui wawancara kepada narasumber saat melakukan penelitian di Kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bolaang Mongondow dan juga di Lokasi Kampung KB di wilayah Kecamatan Poigar Desa Nonapan. Kemudian teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Program Kampung KB di Kabupaten Bolaang Mongondow telah efektif dan mencapai target yang telah ditentukan seperti yang terdapat di tabel target dan capaian TFR yang telah mencapai target, tapi masih terdapat beberapa kendala seperti kurangnya tenaga Penyuluh KB (PKB) yang mana ini menyebabkan sulitnya menjangkau semua kampung KB dan menyebabkan minimnya informasi yang diterima masyarakat. Kesimpulan: kurangnya partisipasi masyarakat dalam menyukseskan Program Kampung KB dan belum pahamnya masyarakat tentang betapa pentingnya mengikuti KB. Kata kunci: Efektivitas, Kampung KB, Laju Pertumbuhan Penduduk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Demography and Civil Registration Studies
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 06 Jul 2022 08:24
Last Modified: 06 Jul 2022 08:24
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10820

Actions (login required)

View Item View Item