IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGANAN COVID-19 MELALUI REFOCUSSING DAN REALOKASI APBD TAHUN ANGGARAN 2020 DI KOTA PEMATANG SIANTAR

sitorus, maldini maleaki (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGANAN COVID-19 MELALUI REFOCUSSING DAN REALOKASI APBD TAHUN ANGGARAN 2020 DI KOTA PEMATANG SIANTAR. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
Repository_J5_Maldini Maleaki Sitorus.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diamati dalam penelitian ini diantaranya adalah munculnya wabah pandemi covid-19 yang memberikan dampak merugikan baik dari segi kesehatan, ekonomi, dan kehidupan masyarakat lainnya. Mengatasi hal tersebut Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan refocussing dan realokasi anggaran pendapatan dan belanja daerah terkait percepatan penanganan pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana implementasi kebijakan refocussing dan realokasi anggaran belanja daerah tahun anggaran 2020 pada Pemerintah Kota Pematang Siantar, apa hambatan yang dihadapi dalam melaksanakan kebijakan tersebut, serta bagaimana upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi kendala pada proses implementasi kebijakan tersebut. Penelitian menggunakan metode analisis kualitatif dengan pendekatan induktif yaitu menggambarkan aspek-aspek yang berkaitan dengan fokus penelitian yang diamati dan dikaji dengan pendekatan induktif berdasarkan data yang diperoleh yang selanjutnya dikembangkan melalui hipotesis yang bertujuan untuk “memahami” sehingga dapat “membangun” pengetahuan dan mencari “apa yang terjadi”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat dinyatakan bahwa, implementasi kebijakan refocussing dan realokasi anggaran tahun anggaran 2020 pada Pemerintah Kota Pematang Siantar telah berjalan cukup baik. Namun, pada kenyataan di lapangan masih ada kendala yang dihadapi. Ketidaksiapan Organisasi Perangkat Daerah dalam menghadapi dan menjalankan kebijakan penyesuaian anggaran menjadi hal yang harus dicatat, situasi pandemi yang terus berubah membuat sulitnya perencanaan anggaran dengan tepat. Serta beberapa program dan kegiatan fisik yang sudah berjalan dan harus terhenti terkait penyesuaian anggaran. Hal tersebut yang menjadi salah satu kendala dalam mengimplementasikan kebijakan refocussing dan realokasi anggaran belanja daerah pada Pemerintah Kota Pematang Siantar. Tetapi, Pemerintah Kota Pematang Siantar tetap melakukan yang terbaik dan berupaya sebaik mungkin demi kesejahteraan dan keselamatan masyarakatnya. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar Pemerintah Kota Pematang Siantar dapat melakukan perencanaan yang matang dan tepat serta koordinasi yang baik terkait penentuan strategi penanganan dan anggaran penanganan pandemi covid-19 serta tertib administrasi dokumen dan keterbukaan anggaran sehingga dapat diakses dan diawasi oleh masyarakat sehingga dapat dirasakan manfaatnya bersama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Safety Management and Public Security
Depositing User: Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik FPM
Date Deposited: 06 Jul 2022 06:35
Last Modified: 06 Jul 2022 06:35
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10764

Actions (login required)

View Item View Item