PERAN DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BANTUL DALAM OPTIMALISASI LAYANAN PENGADUAN ONLINE LAPOR!-SP4N DI KABUPATEN BANTUL

Jayyidan, Alfian (2022) PERAN DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BANTUL DALAM OPTIMALISASI LAYANAN PENGADUAN ONLINE LAPOR!-SP4N DI KABUPATEN BANTUL. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
REPOSITORY_ALFIAN JAYYIDAN_29.0869_PERAN DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BANTUL DALAM OPTIMALISASI LAYANAN PENGADUAN ONLINE LAPOR!-SP4N DI KABUPATEN BANTUL.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Dalam upaya menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dan profesional diera global dibutuhkan platform yang berguna sebagai wadah komunikasi dua arah antara Pemerintah dan masyarakat. LAPOR!-SP4N bertujuan untuk menampung keluhan, kritik dan saran dari masyarakat terkait kinerja Pemerintah. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul Dalam Optimalisasi Layanan Penganduan Online LAPOR!-SP4N di Kabupaten Bantul dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul dalam optimalisasi layanan pengaduan online LAPOR!-SP4N dan juga upaya dalam mengatasi permasalahan yang terjadi. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat faktor penghambat dalam pelaksaannya yakni kurangnya komitmen dari beberapa OPD dan sosialisasi yang masih kurang. Dengan faktor pendukung yakni aplikasi yang sederhana, keamanan aplikasi yang terjamin dan jaringen internet yang memadai. Serta upaya yang dilakukan berupa membuat sistem pengawasan melalui whatsapp, dan penempelan ualng stiker LAPOR-SP4N. Kesimpulan: Peran Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul dalam optimalisasi layanan pengaduan online LAPOR!-SP4N di Kabupaten Bantul sudah berjalan dengan baik walaupun masih diperlukan peningkatan upaya-upaya untuk memaksimalkan layanan pengaduan online LAPOR!-SP4N.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Politik Indonesia Terapan
Date Deposited: 05 Jul 2022 08:13
Last Modified: 05 Jul 2022 08:13
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10750

Actions (login required)

View Item View Item