STRATEGI KEPALA DESA DALAM PENGEMBANGAN BUMDES TARUMAJAYA DI WILAYAH HULU SUNGAI CITARUM KABUPATEN BANDUNG

Arifin, Dika Faris (2022) STRATEGI KEPALA DESA DALAM PENGEMBANGAN BUMDES TARUMAJAYA DI WILAYAH HULU SUNGAI CITARUM KABUPATEN BANDUNG. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
REPOSITORY DIKA FARIS ARIFIN_29.0642_STRATEGI KEPALA DESA DALAM PENGEMBANGAN BUMDES TARUMAJAYA DI WILAYAH HULU SUNGAI CITARUM KABUPATEN BANDUNG.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Masyarakat Desa Tarumajaya saat ini belum merasakan kehadiran BUMDes Tarumajaya, meskipun BUMDes Tarumajaya sudah menjadi BUMDes yang maju, oleh karena itu peneliti akan membedah strategi Kepala Desa dalam pengembangan BUMDes. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pengembangan BUMDes Tarumajaya di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif induktif. Penentuan informan dilakukan dengan Teknik purposive. Pengumpulan data menguunakan, dokumentasi, observasi serta wawancara. Sementara itu mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan merupakan cara dalam menganalaisis data. Hasil/Temuan: hasil penelitian ini yaitu strategi sudah mendukung pengembangan BUMDes Tarumajaya walaupun masih terdapat beberapa kekurangan dalam pelaksanaannya seperti belum optimalnya pengelolaan yang dilakukan pengurus BUMDes, dan terbatasnya anggaran dana sehingga peneliti menyimpulkan secara umum strategi pengembangan BUMDes Tarumajaya sudah terlaksana dengan baik hal tersebut bisa dilihat dari peningkatan PADes Tarumajaya, namun masih terdapat beberapa kekurangan yang harus dibenahi. Kesimpulan: Kepala Desa Tarumajaya telah melakukan strategi dengan baik. Tujuan, Kebijakan, dan Program sudah mendukung strategi pengembangan BUMDes Tarumajaya sehingga terjadi peningkatan PADes Desa Tarumajaya. Walaupun belum berjalan maksimal, dan masih terdapat beberapa kekurangan dalam pelaksanaannya seperti belum optimalnya pengelolaan yang dilakukan pengurus BUMDes, belum adanya kebijakan tertulis dan terbatasnya anggaran dana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Politik Indonesia Terapan
Date Deposited: 05 Jul 2022 07:38
Last Modified: 05 Jul 2022 07:38
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10745

Actions (login required)

View Item View Item